Berdiri Seimbang Lalu Mendayung

Penulis: Abdillah M. Marzuqi Pada: Minggu, 29 Apr 2018, 06:40 WIB Gaya Urban
Berdiri Seimbang Lalu Mendayung

MI/PIUS ERLANGGA

HUJAN masih menyisakan sedikit rintikannya ketika seorang pria muncul dengan menggotong tas besar hitam dari bagasi mobil. Beberapa bagian yang menyembul dari balik tas itu memperlihatkan bentuk benda di dalamnya. Mirip sebuah gulungan besar yang dibungkus dengan kain warna hitam.

Setelah meletakkan tas hitam itu, si pria pun bergabung mengobrol sebentar. Usai beramah-tamah sebentar, ia pun membongkar tas itu. Telihatlah gulungan besar itu, yakni selembar paddle board, piranti wajib untuk melakoni olahraga stand up paddle board (SUP).

Jenis papan yang dipakai saat itu ialah inflatable board. Andi Yulianto, 42, dari Stand Up Paddle Board Indonesia (sup.id) menjelaskan, dua jenis papan yang biasa dipakai dalam olahraga tersebut ialah inflatable board dan fix board.

"Fix itu maksudnya terbuat dari papan, seperti papan surf. Kalau inflatable memang kita banyak pakai, karena gampang dibawa-bawa. Jadi kalau dilipat, ya jadi kayak backpack," terang Andi usai bermain SUP di Pantai Lagoon Ancol, Selasa, (24/4).

Lebih lanjut, lembaran itu dipompa sampai mengembung dan mengeras. Setelah terisi udara berbentuk gepeng, itu menjadi sebuah papan yang kokoh. Papan itu seolah menggoda untuk ditunggangi.

"Panjangnya 4 meter, lebar 60 cm, dan tingginya 20 cm. Itu bisa dilipat, kalau mau kita pakai, kita pompa. Pompanya itu sampai 12-15 psi. Itu biasanya sudah cukup untuk main paddle board," jelas Andi.

Tak perlu banyak orang untuk membawanya ke pinggir laut. Segera setelah papan itu menyentuh air, maka SUP pun siap ditunggangi. Gelombang kecil air laut memang tidak mengizinkan papan itu diam. Dengan demikian, berdiri di atas papan pun tidak boleh sembarangan. Sedikit saja oleng akibat tekanan kaki, maka papan tidak akan seimbang.

Tidaklah sulit saat mencoba menaiki papan itu, asalkan tahu caranya. sup.id memberi arahan untuk bisa menaklukkan papan tersebut. Untuk berdiri dan mendayung diatas SUP, terlebih dahulu duduk di atas papan. Setelah merasa seimbang dengan duduk, lalu tubuh diposisikan cat pose. Posisi itu mirip tubuh menungging dengan kepala tetap berada di atas. Jarak antara kaki tidak terlalu rapat.

Perlahan, salah satu kaki diangkat hingga telapak kaki menyentuh papan, seperti posisi start dalam olahraga lari. Setelah dirasa stabil, satu kaki menyusul, barulah boleh berdiri dan mulai mendayung.

Menarik didalami

SUP merupakan olahraga yang menarik untuk didalami. Tidak seperti berselancar, SUP lebih mudah untuk berdiri di atas papan dan mendayungnya. Jika berdiri terlalu sulit, bisa coba untuk mendayung sambil duduk atau berlutut. Bila sudah agak mahir, jenjang berikutnya bermain di area berombak.

"Sebenarnya lebih mudah dari main surf. Kalau di SUP yang penting awalnya kita sudah tahu cara untuk berdiri di atas papannya. Setelah itu, tinggal menyeimbangkan badan kita saja di papannya. Kalau sudah bisa, tinggal belajar paddling-nya. Kalau paddling sudah bisa buat jalan," jelas Andi lagi.

sup.id merupakan komunitas yang terbentuk atas kecintaan terhadap olahraga air dan ketertarikan terhadap stand up paddle board. Olahraga itu tengah menjadi primadona baru dalam bersentuhan dengan air. sup.id mempunyai beberapa sub kegiatan, yakni SUP Trip, SUP Camp, SUP Yoga, dan SUP Fishing.

Lebih lanjut, Andi menceritakan, proses berdirinya komunitas lewat seorang teman yang bernama Herianto dan telah bermain SUP sejak 2015.

"Awalnya yang coba paddle board Herianto dari Kaniki. Kala itu belum banyak yang tahu SUP. Seiring berjalan waktu, banyak yang ikut bergabung. Lalu komunitas sup.id pun berdiri pada awal 2016," tambahnya.

Anggota aktif, lanjut Andi, meluas hampir ke seluruh Indonesia hingga tercatat 60 orang saat ini. Itu belum termasuk simpatisan. Setiap membuat acara trip, ujarnya, pasti 50% kebanyakan orang baru. "Jadi kita bertambah terus berkembang. Memang peminatnya lagi banyak sebenarnya. Makanya, kita bikin sup.id untuk orang bisa coba, orang lebih bisa belajar," tegas Andi.

Ia juga juga mengingatkan bahwa main paddle board di Indonesia tidak susah. Sebabnya, SUP bisa dimainkan di laut, danau, ataupun sungai. Meski demikian, olahraga itu juga punya tantangan, yakni harga alatnya terbilang cukup mahal, yakni berkisar antara Rp7,5 juta-Rp10-an juta.

"Cuma kendalanya produk ini belum bisa dibuat di Indonesia, jadi harus impor, harganya juga lumayan," tegasnya.

Meski terbentur alat, sensasi dan kesenangan yang dijanjikan olahraga itu tetap menjadi magnet menarik bagi pencinta air.

"Kalau di SUP ini emang basic-nya lebih ke fun ya. Tapi tetap olahraga juga judulnya. Karena butuh keseimbangan," pungkas Andi.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More