Lebih untuk Bersenang-senang

Penulis: Zuq/X-7 Pada: Minggu, 29 Apr 2018, 06:20 WIB Weekend
Lebih untuk Bersenang-senang

MI/PIUS ERLANGGA

SEKILAS tidak ada perbedaan antara Olahraga selancar (surf)dan stand up paddle board (SUP). Keduanya sama-sama menggunakan papan untuk dinaiki. Keduanya juga memakai medium air untuk beraksi. Perbedaannya terletak pada dayung.

SUP memakai dayung, sedangkan selancar tidak. Selain itu, perbedaan pada sifat aktivitas SUP yang lebih mengutamakan aspek senang. Sebab, banyak yang bisa dilakukan di atas SUP. Bisa sekadar bersantai, minum kopi, memancing, dan sebagainya.

"Kalau berselancar lebih ke ombak, kejar-kejaran sama ombak. Kalau SUP lebih ke fun. Santai lah, kita mau bawa kopi, cemilan. Sarapan di SUP di tengah laut pun bisa kita lakukan," terang salah satu anggota Stand Up Paddle Board Indonesia (sup.id), Ubu Manset, 37.

SUP juga banyak dipakai oleh pegiat olahraga air sebagai medium jeda dari aktivitas utama mereka. Sebutlah olahraga menyelam, ketika penyelam naik ke permukaan dari bawah laut, mereka biasanya memainkan SUP untuk sekadar santai sebelum kembali menyelam.

"Lebih ke fun. Pencinta water sport itu kebanyakan suka sama SUP. Memang basic-nya, banyak dari komunitas kita itu orang-orang diving, kayak, sailing, snorkling," tutur Andi Yulianto.

Karena mengutamakan aspek senang, SUP juga tidak terlalu membutuhkan banyak persiapan dan latihan. Bagian terpentingnya ialah pemain SUP bisa menjaga keseimbangan ketika di atas SUP. Sesudah itu, proses mendayung pun tak jauh beda dengan olahraga kayak, dayung, ataupun rafting.

Supiansyah Burhan,34, mengaku tidak menemui banyak kesulitan ketika memainkan SUP. Padahal, itu kali pertama baginya mencoba SUP. Pria yang akrab dipanggil Pian itu juga mengungkapkan telah tahu lama sup.id, namun baru kali ini ia sempat menjajal SUP.

Meski pertama kali, Pian dengan lancar bisa mengarahkan SUP yang dinaikinya. Ia tidak tampak kaku untuk memakai dayung yang tingginya sejengkal dari ujung kepala.

"Luar biasa, bisa menjaga keseimbangan di atas air dengan beban tubuh. Patut dicoba lah," pungkas Pian berpromosi.

Meski aspek bersenang-senang yang menjadi titik berat, SUP pun dikembangkan dalam berbagai aktivitas olahraga air lain, seperti balapan SUP atau berselancar mengarungi ombak. Ada pula hoping island, yakni menggunakan SUP untuk berpindah dari pulau satu ke pulau lain. Biasanya para petualang menempatkan seluruh perlengkapan mereka di atas SUP. Mereka pun siap berpetualang ke pulau lain.

"SUP ada beberapa versi, ada khusus buat yoga, buat main ombak. Ada juga khusus yang hoping island. Peralatannya semua diangkut pakai SUP," pungkas Ubu.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More