Mengudap Roti Lembut Thailand

Penulis: */M-3 Pada: Sabtu, 28 Apr 2018, 23:00 WIB Weekend
Mengudap Roti Lembut Thailand

MI/ADAM DWI

SAAT memegang kedua sisi roti berbentuk kotak kecil dan hendak melumat dalam satu gigitan, mendadak lumeran krim putih meleleh dari mulut. Tekstur lembut beradu dengan gurih susu.

Bila salah-salah posisi, lumeran itu akan menetes ke tangan atau baju. Jadi, saran saat menikmati kudapan Bun n Go, roti yang enam bulan terakhir mendadak nge-hit di Jabodetabek ini, perhatikan posisi Anda. Amannya, sedia alas agar tidak berlepotan.

Bun n Go adalah kreasi Amanda Sydney, yang membawa tren roti Thailand dan menginspirasi kemunculan beberapa jenis kudapan serupa di Jakarta. Mulanya, ia yang biasa jalan-jalan ke 'Negeri Gajah Putih', jajan di salah satu sudut Kota Bangkok, dan menjajal roti manis (bun) ini.

Penyajiannya, roti diproses dengan cara dipanggang terlebih dahulu hingga bagian luarnya agak kering. Namun, tidak sampai garing. Ujung roti, terdapat kubangan cekung, yang berfungsi memberi ruang isian.

"Dari roti, dan isiannya, aku kreasikan sendiri. Termasuk roti, aku produksi sendiri, bukan beli roti yang sudah jadi. Selai-selai juga kita bikin manual," tutur Amanda Sydney yang dijumpai Media Indonesia di salah satu toko waralaba Bun n Go, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jumat (13/4).

Dalam merumuskan resep selai isian, mahasiswi Universitas Prasetiya Mulya ini dibantu adik perempuannya yang memang gemar memasak. Ayahnya, yang memiliki latar belakang sebagi juru masak di Australia, juga memberikan saran padanya, bahan-bahan apa saja yang baik digunakan untuk selainya.

Bila kita biasanya menikmati roti dengan membelah bagian tengahnya kemudian diberi isian selai. Bun n Go menawarkan sensasi menikmati kudapan roti manis dengan lumeran selai bak lava gunung berapi, yang terkadang bisa 'meletus' di ujung mulut, dan meleleh dengan manis di lidah.

Menikmati saat roti masih hangat bersama secangkir kopi atau teh tentu akan menjadi pelengkap sore Anda. Saya menjajal isian susu yang sangat lembut dan menyegarkan. Kemudian, ada pula srikaya yang lebih bertekstur lengket ketimbang susu yang teksturnya lebih pada krim.

Bila tidak begitu menyukai isian selai, bisa juga dengan pilihan roti orisinal, yang hanya ditaburi dengan gula halus. Tekstur lembur roti tetap nikmat dengan manis yang sederhana dari gula halus.

Untuk satu boks kecil isi tiga dibanderol dengan harga Rp21 ribu, sedangkan boks medium isi enam roti seharga Rp42 ribu. Keunggulan Bun n Go tentu terletak pada autentifikasi hasil buatan sendiri dengan tenaga manusia. Itulah yang menjadikan roti ala Thailand ini begitu nikmat dari luar hingga bagian serat selai.

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More