Berburu Sup Buntut di bawah Langit Moskow

Penulis: Panca Syurkani Pada: Sabtu, 28 Apr 2018, 18:45 WIB Weekend
Berburu Sup Buntut di bawah Langit Moskow

MI/Ardi

INDONESIA tidak saja terkenal akan keindahan alamnya, namun juga tersohor dengan kelezatan hidangannya. Karena itu, sajian khas Nusantara yang selalu kaya akan rasa digemari dan bahkan diburu oleh pecinta kuliner di berbagai belahan dunia.

Bagi para pecinta kuliner Indonesia di Rusia saat ini tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Indonesia untuk menikmati lezatnya sajian khas Nusantara. Selama tiga pekan ke depan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow bekerja sama dengan restoran Grably menggelar Festival Kuliner Indonesia di Kota Moskow.

Pembukaan berlangsung cukup meriah di Restoran Grably yang terletak di pusat perbelanjaan anak Detsky Mall, pada Jumat (27/4) malam. Pernak-pernik Indonesia menghiasi dekorasi restoran berlantai dua tersebut.

Suguhan musik dan tari tradisional dari grup musik Gamelan Dadali membuat atmosfer seakan berada di Indonesia. Uniknya, personel grup musik Gamelan Dadali itu hampir semuanya warga Rusia.

Hingga 18 Mei 2018, delapan gerai Restoran Grably yang tersebar di sejumlah penjuru Ibu Kota Rusia akan menyuguhkan sepuluh menu makanan Indonesia. Di antaranya nasi goreng, sate ayam, semur daging, soto ayam, tumis sayur dan tahu, soto ayam, lapis legit, sup buah, juga tak ketinggalan kerupuk.

Duta Besar RI untuk Rusia Mohamad Wahid Supriyadi mengatakan, kerja sama dengan jaringan restoran Grably merupakan kesempatan yang tidak boleh di sia-siakan.

"Kita harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Karena tiap harinya jumlah pelanggan yang bersantap di restoran yang jaringannya tersebar di sejumlah lokasi di Moskow ini mencapai sepuluh ribu orang," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan jumlah gerai restoran yang cukup banyak, hal itu jadi kesempatan untuk mempromosikan kuliner Indonesia.

Direktur Komersial Grably Alexander Rozhnikovsky sangat bersyukur Grably dipercaya menjadi restoran pertama di Moskow yang menawarkan makanan asli Indonesia, lengkap dengan sajian budayanya.

"Belum pernah ada restoran di Moskow yang menawarkan makanan asli Indonesia. Namun kami tidak hanya menjadi restoran pertama di Moskow yang berkesempatan menawarkan sajian makanan asli Indonesia, namun juga lengkap dengan ruang budaya yang dihiasi dekorasi dan musik aslinya," jelas Alexander.

Lalu apakah kuliner Indonesia pas dengan lidah orang Rusia?

"Kuliner Indonesia adalah dunia yang spesial. Sangat tidak biasa, seperti sedang menjelajahi dunia lain," ucap Oxana Smolyaninova, salah satu warga Kota Moskow.

Seperti sedang berburu kuliner, satu persatu menu dicicipinya. Khusus untuk menu sup buntut, rupanya menu seporsi tak cukup baginya.

"Aromanya menggoda, kaya rasa, dan sangat lezat," ucapnya sambil mengacungkan jempolnya. (A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More