Obati Gigi Berlubang tanpa Tambal

Penulis: NG/ACS Biomaterials Sc&E/Grt/L-2 Pada: Sabtu, 28 Apr 2018, 01:00 WIB Eksplorasi
Obati Gigi Berlubang tanpa Tambal

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

PAKAR kesehatan gigi umumnya menyarankan penambalan gigi berlubang supaya kuman dan bakteri pada gigi yang rusak tidak masuk ke pembuluh darah.

Baru-baru ini ilmuwan AS menemukan metode yang bisa mendorong enamel gigi tumbuh kembali, yakni lewat peptida. Dalam jurnal ACS Biomaterials Science & Engineering, Senin (9/4), peneliti menerangkan enamel gigi diproduksi sel ameloblast. Sel ini memproduksi protein amelogenin yang berperan penting melakukan pembentukan enamel saat gigi di dalam gusi. Saat pembentukan enamel selesai dan gigi tumbuh, sel ameloblast mati.

Para pakar kesehatan gigi menjelaskan, gigi sebenarnya dapat dikristalkan ulang dengan bantuan air liur, pasta gigi fluoride, dan meminum air aditif. Kemudian mereka mendesain peptida berdasarkan protein amelogenin sebagai bahan aktif. Saat peptida dipakaikan pada sampel gigi, tim menemukan lapisan mineral baru muncul pada area gigi yang rusak.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More