KPAI Terima Aduan Terkait Sulitnya Soal UNBK SMP

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Jumat, 27 Apr 2018, 13:12 WIB Humaniora
KPAI Terima Aduan Terkait Sulitnya Soal UNBK SMP

ANTARA

PADA hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Sederajat,  Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima pengaduan terkait soal matematika dan soal bahasa Inggris.

Komisioner KPAI Rento Listyarti mengatakan pengaduan tersebut berasal dari guru matematika SMP yang menyatakan soal matematika UNBK untuk SMP menggunakan materi SMA.

"Karena beberapa kompetensi inti/kompetensi dasar SMP dan SMA kan memang beririsan, tetapi pada materi SMA ada peningkatan kontennya dan lebih dalam," ujar Retno melalui siaran pers, Jumat (27/4).

Menurut KPAI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan gagal membuat soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk SMP karena yang diujikan terlalu sulit untuk tingkatan SMP. Selain soal matematika, mata ujian Bahasa Inggris juga dinilai menyulitkan para peserta.

"Dari laporan yang diterima KPAI teks bacaan panjang, sehingga untuk memahaminya, peserta harus mengartikan lebih dulu ke bahasa Indonesia," sambung dia.

Sehingga, sambung dia, para peserta UNBK membutuhkan waktu cukup lama untuk mengerjakannya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More