Pengawal Kim: 'Bahkan Semut tidak Bisa Lewat

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Jumat, 27 Apr 2018, 09:32 WIB Internasional
Pengawal Kim:

AFP/Korea Summit Press Pool

SAAT Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un turun dari tangga menuju garis demarkasi militer di Zona Demiliterisasi, JumT (17/4), dia diapit puluhan pengawal yang dipilih karena kebugaran, keahlian menggunakan senjata api, beladiri, serta penampilan mereka.

Pria mengenakan jas hitam dan dasi bergaris biru-putih bergerak mendahului dan mengelilingi Kim saat dia akan berjabat tangan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Korut adalah salah satu negara paling tertutup di dunia. Karenanya, pengawalan pemimpin mereka pun sangat ketat.

Warga asing yang menghadiri acara yang juga dihadiri Kim harus menjalani sejumlah prosedur keamanan dan menyerahkan semua alat eletronik, termasuk ponsel.

Garda Komando, unit militer yang bertugas menjamin keamanan Kim adalah institusi elite yang dekat dengan pusat kekuatan Pyongyang.

Ri Yong-guk, pembelot yang pernah menjadi bagian dari pasukan pengawal Kim Jong-il, dalam memoar yang ditulisnya pada 2013 mengatakan ada enam lapis pasukan pengawal pemimpin Kourt saat mereka melakukan inspeksi ke daerah.

"Itu adalah pasukan keamanan paling ketat di dunia. Bahkan, tidak ada satu semut pun yang bisa lewat," ungkap Ri. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More