Rival Himran Jangan Malu Berbahasa Daerah

Penulis: (Pro/H-1) Pada: Jumat, 27 Apr 2018, 03:30 WIB Selebritas
Rival Himran Jangan Malu Berbahasa Daerah

ANTARA FOTO/Basri Marzuki

SEBAGAI pemuda yang besar di desa, penggunaan bahasa daerah sudah mendarah daging dalam kehidupan Rival Himran, pemain bas kelompok musik Steven & Coconut Treez. Pallo, sebagaimana ia biasa disapa, sangat akrab dengan bahasa Kaili, bahasa daerah dari kampung halamannya di Palu, Sulawesi Tengah.

Tetapi, setelah lama bekerja dan hidup di Jakarta, kegelisahannya muncul ketika ia mudik ke kampung halaman. Sebab, kini semakin langka pemuda di tempat ia dibesarkan itu yang menuturkan bahasa Kaili.

"Akhir-akhir ini saya melihat anak muda asal kampung saya, termasuk keluarga dan keponakan-keponakan saya, sudah berbahasa Indonesia semua," ujar Pallo.

Meski sedih, laki-laki berambut gimbal itu mengaku memaklumi hal tersebut. Sebab, ketika remaja ia juga sempat merasa malu dan enggan menggunakan bahasa daerah. Tapi, setelah saya datang ke Jakarta, ia baru sadar bahwa mereka yang datang dari daerah membawa sesuatu yang khas dari daerah asal. Oleh karena itu, ia gencar mengajak keluarga dan keponakan-keponakannya untuk tetap berbahasa daerah. (Pro/H-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More