Pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Nonyudisial Berlangsung Dua Putaran

Penulis: Nur Aivanni Pada: Kamis, 26 Apr 2018, 11:58 WIB Politik dan Hukum
Pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Nonyudisial Berlangsung Dua Putaran

MI/Susanto

PEMILIHAN Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Nonyudisial dipastikan berlangsung dua putaran. Pasalnya, berdasarkan hasil rekapitulasi suara dalam putaran pertama tidak ada calon yang memperoleh suara 50%+ 1 suara yang sah.

Adapun jumlah hakim agung yang hadir sebanyak 46 dari 48 hakim agung. Dua hakim agung lainnya tengah berhalangan hadir.

Dari putaran pertama, suara terbanyak pertama didapat Hakim Agung Sunarto (13 suara) dan Hakim Agung Andi Samsan Nganro berada di urutan kedua (9 suara).

Kemudian posisi berikutnya secara berturut-turut ditempati oleh Hakim Agung Takdir Rahmadi (8 suara), Hakim Agung Supandi (6 suara), Hakim Agung Suhadi (4 suara), Hakim Agung Zahrul Rabain (3 suara), Hakim Agung HM Hary Djatmiko (1 suara), Hakim Agung Soltoni Mohdally (1 suara) dan Hakim Agung Yulius (1 suara).

"Suara terbanyak Hakim Agung Sunarto dan Hakim Agung Andi Samsan Nganro. Untuk itu, diminta kesediaan mereka untuk dicalonkan mengikuti pemilihan putaran kedua," kata Ketua MA Hatta Ali saat menggelar Sidang Paripurna Khusus dalam rangka pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Nonyudisial, di ruang Prof. Kusumaatmaja, Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (26/4).

Berdasarkan ketentuan Pasal 1 ayat (2) SK KMA Nomor 78/KMA/SK/IV/2018 bahwa Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Nonyudisial dipilih dari dan oleh Hakim Agung dengan mekanisme pemilihan secara langsung bebas dan rahasia. Hakim Agung yang mendapatkan suara 50%+1 suara yang sah akan langsung ditetapkan sebagai Wakil Ketua MA Bidang Nonyudisial terpilih.

Namun, jika berdasarkan hasil pemilihan tidak memenuhi jumlah 50%+1 suara yang sah, pemilihan akan dilanjutkan dengan putaran kedua dengan 2 orang calon yang memperoleh jumlah suara terbanyak pertama dan kedua.

Calon yang mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan putaran kedua akan langsung ditetapkan sebagai Wakil Ketua MA Bidang Nonyudisial.

Namun, jika pada pemilihan putaran kedua masing-masing calon mendapatkan suara yang sama, dilakukan pemilihan untuk putaran yang ketiga dan jika setelah pemilihan pada putaran ketiga juga mendapatkan suara yang sama, dilakukan pemilihan ulang untuk putaran keempat setelah dilakukan skors selama tiga jam.

Hingga berita ini ditulis, proses pemilihan putaran kedua pun masih berlangsung. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More