Ombudsman: Klarifikasi Pemprov DKI soal Tanah Abang Belum Konkret

Penulis: Haufan Hasyim Salengke Pada: Selasa, 24 Apr 2018, 15:39 WIB Megapolitan
Ombudsman: Klarifikasi Pemprov DKI soal Tanah Abang Belum Konkret

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

SESUAI janji Wakil Gubernur DKI Jakarta, jawaban klarifikasi terkait laporan Ombudsman tentang dugaan maladministrasi penataan Tanah Abang, Jakarta Pusat, telah disampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, hari ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Dominikus Dalu, mengonfirmasi hal itu. Ia mengatakan pihak mereka sedang mempelajari jawaban Balai Kota itu.

"Sedang kami pelajari (jawaban klarifikasi tersebut). Tapi tidak ada deadline waktu untuk pengosongan Jl Jatibaru dan waktu penyelesaian secara menyeluruh," ujar Dalu kepada Media Indonesia, Selasa (24/4).

Jawaban klarifikasi pemprov yang tidak mencantumkan tenggat untuk pengosongan Jalan Jatibaru Raya tersebut, menjadi catatan Ombudsman. "Ini yang sedang kami tunggu lagi dalam 30 hari kedepan," tandasnya.

Dalu menjelaskan, meski penjelasan tentang konsep jangka pendek, menengah, dan jangka panjang termuat di dalam jawaban klarifikasi itu, Ombudsman tetap mempertanyakannya karena tidak ada deadline waktu penyelesain.

"Artinya (jawaban klarifikasi) masih belum kongkret setidaknya sementara ini yang kami lihat," kata dia.

Mengenai langkah Polda Metro Jaya yang meminta informasi para pihak--termasuk Ombudsman--mengenai kasus penutupan jalan Jatibaru, Dalu mengatakan pihak mereka sejak awal sudah memberikan informasi ke kepolisian tentang masalah Tanah Abang.

"Kami tidak mencampuri proses hukum oleh Polri tapi memberikan data yang dipelukan bila diminta dan itu sudah kami lakukan," kata Dalu.

Seperti diberitakan, Sandiaga mengatakan jawaban Pemprov DKI kepada Ombudsman terdiri dari beberapa hal di antaranya, Pemprov DKI belum akan membuka Jalan Jatibaru Raya yang ditutup untuk PKL dalam waktu dekat dan evaluasu tentang kemacetan.

Sandiaga mengatakan Jalan Jatibaru Raya akan dibuka sepenuhnya setelah Pemprov DKI memindahkan pedagang Blok G ke penampungan sementara dan membangun Sky Bridge.

Dengan alasan menunggu Sky Bridge selesai terbangun, pembukaan jalan di depan Stasiun Tanah Abang itu akan memakan waktu lama. Proses pembangunan sendiri baru akan dimulai usai lebaran. (OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More