Desainer Handy Hartono ingin Bikin Batik Karawang Mendunia

Penulis: Cikwan Suwandi Pada: Minggu, 22 Apr 2018, 16:01 WIB Weekend
Desainer Handy Hartono ingin Bikin Batik Karawang Mendunia

Ist

DESAINER busana Handy Hartono bertekad memperkenalkan batik karawang ke mancanegara.

"Untuk awal saya akan kenalkan terlebih dahulu batik karawang karya saya dalam Karawang Fashion Culture 2018. Dan nanti saya akan membawa ke beberapa even fesyen lainnya seperti di Jerman dan Australia sebagai upaya pengenalan batik Karawang, " ungkap Handy yang juga sebagai Founder Karawang Fashion Culture 2018 dalam keterangan pers di Karawang, Minggu  (22/4).

Perancang busana kelahiran Karawang itu merasa batik karawang akan diterima oleh pasar Indonesia dan internasional. Kepercayaan dirinya itu menguat setelah dirinya terbukti menggaungkan nama kain toraja dan tenun asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saya pada 2015 pernah memperkenalkan busana dengan teknik Shibori pada Indonesia Fashion Week. Justru menjadi tren di masyarakat hingga banyak tiruan di pasar tradisional. Lalu saya pernah memperkenalkan kain toraja di Vienna, Austria. Kain ini dulu perajinnya sudah hampir bangkrut. Setelah saya perkenalkan di Austria, justru semakin banyak pesanan. Bahkan pesanan saya saja belum dikirim-kirim," tuturnya.

Menurut dia, kain khas Indonesia memiliki keunikan yang dapat diterima pasar dunia.

"Kain asal Indonesia punya kelebihan yang jauh lebih baik dari negara lain. Kita punya batik, tenun, songket yang dibuat dengan tangan justru lebih diterima di pasar dunia," katanya.

Untuk awal pengenalan batik karawang, dia bersama pemerintah daerah setempat bersepakat untuk membuat even tahunan dengan nama Karawang Fashion Culture yang menghadirkan 28 desiner dari Jakarta, Purwakarta, dan Karawang. "Saya sendiri akan menampilkan 60 outfit," terang dia.

Tujuan Karawang Fashion Culture untuk kekuatan busana kabupaten berjuluk lumbung padi. "Selain itu saya ingin mendukung peningkatan industri kreatif di Karawang," pungkasnya. (A-1)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More