Hore, Film dan Lagu Anak Eksis Kembali!

Penulis: Suryani Wandari / (M-1) Pada: Minggu, 22 Apr 2018, 03:00 WIB MI Anak
Hore, Film dan Lagu Anak Eksis Kembali!

MI/WANDARI

Selamat pagi!!

Embun membasahi dunia dan mulai mengawali hari ini

Dan kukatakan:

Selamat pagi!!

Kicau burung bernyanyi dan kini ku siap tuk jalani hari ini.

Kini bergegaslah sipakan dirimu untuk memulai menjalani hari ini.

Apakah sobat Medi juga sudah siap menjalani hari seperti pada lirik Selamat Pagi yang dinyanyikan oleh RAN ini?

Lagu pernah hits di tahun 2007 ini terdengar kembali di Galeri Indonesia Kaya, di Grand Indonesia, Senin (16/4).

Lagu itu pun menjadi single pertama soundtrack film Kulari ke Pantai yang akan tayang Juni 2018. Dengan diaransemen ulang dan dinyanyikan bersama dua aktor cilik pemeran utama film tersebut yakni Maisha Kanna dan Lil'li Latisha lagu ini menjadi lebih ceria dan sesuai dengan spirit filmnya.

"Ketika ingin mendaur ulang sebuah lagu yang pernah terkenal, ceria, dan sesuai dengan spirit film Kulari ke Pantai, yang terbayang adalah suara RAN menyanyikan lagu "Selamat Pagi" bersama para pemain cilik film kami yang memang keren keren suaranya," jelas Kak Mira Lesmana, produser film Kulari ke Pantai.

Kesesuaian antara cerita dan lagu ini pun tercipa dari video klipnya loh. Disutradarai oleh kak Sakti Marendra, video klip ini menampilkan keseruan bernyanyi dengan full motion graphic dengan gambaran mengawali harinya dengan cara berbeda. Tapi akhirnya bersama-sama menghabiskan waktu di pantai bersama personel RAN yang juga sedang dalam perjalanan berlibur.

"Penggunaan gambar-gambar ini dimaksudkan agar bisa lebih mengeksplorasi warna dan objek-objek imajinatif untuk membawa keseruan dan menjembatani karakter Mimi dan Lil'li yang masih anak-anak dengan RAN yang sudah dewasa," jelas Kak Sakti soal konsep video klipnya.

Ya, sobat, karena filmnya ini mengusung tema yang berkaitan dengan anak-anak bahkan digadang-gadang sebagai lagu anak-anak terbesar setelah Petualangan Sherina 18 tahun yang lalu, lagunya pun harus masuk pada ranah anak-anak ya sobat. Untuk tahu lebih lanjut, yuk kenalan dengan film yang akan segera tayang ini.

Film keluarga

Film-film bagus terus bermunculan di bioskop, tetapi rupanya film layar lebar yang dikhususkan sebagai tontonan bagi anak-anak sangatlah kurang ya sobat. Kak Mira Lesmana, seorang produser film menjelaskan dari tahun 2008-2018, hanya ada 15 film anak saja loh sobat. "Itu terlalu sedikit. Anak-anak bahkan datang ke bioskop untuk menonton film luar seperti Disney, dan film Hollywood lainnya," kata Kak Mira.

Itulah yang juga menjadi alasan Kak Mira untuk membuat film ini loh sobat. Lewat Miles Films, Kak Mira berkolaborasi pula dengan kak Riri Riza, seorang Sutradara. Kedua tokoh ini sebelumnya sudah menggarap film anak legendaris Indonesia, yakni Petualangan Sherina dan Laskar Pelangi.

Di filmnya kali ini, petualangan anak-anak pun tersaji dengan menceritakan dua saudara sepupu yang telah lama berpisah yakni Sam yang diperankan oleh Maisha Kanna dan Happy yang diperankan oleh Lil'li Latisha. Keduanya mempunyai karakter yang bertolak belakang dan terjebak dalam perjalanan 1.000 kilometer yang membuat mereka harus saling menghargai dan mengasihi.

Perjalanan yang mereka sebut sebagai road trip dimulai dari Jakarta hingga Banyuwangi dan dilanjutkan ke Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur sehingga memberikan gambaran mengenai keberagaman dan keindahan Indonesia.

Yuk buat lagu anak!

Selain lagu Selamat Pagi milik RAN yang menjadi sountrack, nantinya akan ada dua lagu anak lagi yang akan dinyanyikan para pemain film ini saat Gala Premier, sobat Medi pun berpeluang untuk mengikutinya. Ya, dengan program Lomba Cipta Lagu Anak 2018 yang diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ini kalian bisa menciptakan lagu anak dan mengirimkannya ke website kularikepantai.com

Ada 5 kriteria tema lagu yang dilombakan, yakni keindahan alam, petualangan, persahabatan, keluarga dan liburan. "Syarat lainnya yakni harus berbahasa Indonesia, namun terbuka untuk diberikan sentuhan bahasa daerah ataupun bahasa asing," kata Pak Triawan Munaf, Kepala Bekraf.

Lomba ini terbuka untuk semua warga Indonesia tanpa batasan usia, loh, bisa diikuti pula oleh pribadi ataupun kelompok, yang penting merupakan karya orisinal. Pendaftaran lomba ini akan ditutup 15 Mei. Jadi, yuk ikutan Sobat.

Lima lagu terbaik pilihan dewan juri nantinya akan direkam dalam album CD kompilasi dan disebarkan secara cuma-cuma. Selain itu, lagu tersebut dapat diunduh secara gratis yang kemudian akan dilakukan voting untuk menentukan 2 pemenang, yakni pilihan publik badan pilihan dewan juri. Kalian mau ikutan juga kan sobat? Mulai mencatat liiriknya mulai dari sekarang yuk!

Suara Anak

Maisha Kanna

Kelas 5, SD Mentari

Aku sangat senang mendengarkan lagu, di mobil atau di mana pun. Tapi memang aku tak pernah mendengarkan lagu anak-anak karena memang sulit sekali. Dengan kegiatan ini, saya berharap kami bisa mendengarkan lagu sesuai umur kita yang tentunya dengan nada yang asyik.

Lil'li Latisha

kelas 8, Homeschooling

Syuting terakhir di Pulau Rote, NTT, yang akan menjadi scane pertama dan terakhir itu aku mengalami perubahan karakter. Jadi sekarang aku sedang mempersiapkan mental dan ekspresi bagaimana rasa rindu itu ada dalam diri saya.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More