Minuman sang Raja

Penulis: */M-3 Pada: Sabtu, 21 Apr 2018, 23:30 WIB Weekend
Minuman sang Raja

MI/THALATIE

SEBUAH botol berukuran besar berwarna hitam di atas drum kayu. Botol berukuran 1,5 liter itu berwarna hitam. Tidak semata warna dari botol tersebut, tapi juga warna minuman di dalamnya terlihat pekat.

Ya, botol itu merupakan Casa Vella Cabernet Sauvignon. Minuman asal Penedes, Barcelona, itu diklaim sebagai minuman para raja dari Spanyol.

"Biasanya minuman ini diminum para raja dari spanyol," ujar Casa Ligena, Marketing PT Danisa Texindo, kepada Media Indonesia Minggu (15/4).

Rasa dari minuman produksi 2007 itu memang pekat dan ber-body full. Mungkin bagi sebagian orang rasanya sedikit sepet, tapi terasa agak fruity.

Bergeser dari meja itu, ada sederet sparkling wine produksi Prancis yang bisa dicicipi. Turunan minuman anggur jenis chardonine ini telah di-infuse dengan aroma yang membuat rasanya lebih ringan. Sparkling wine karya Edmond Thery ini ada rasa persik (peche) dan cokelat kopi (chocolate cafe).

Anggur jenis ini bisa diminum dengan dua cara, langsung atau dicampur dengan jus buah. Disesuaikan dengan selera dari penikmatnya.

"Kita bisa mencampur sparkling wine Edmond Therry dengan fresh juice. Saya sebagai penjual tidak bisa mengatakan mana wine terbaik. Wine terbaik adalah wine yang kita sukai karena karakter orang masing-masing."

Dua jenis minuman itu turut berpartisipasi di Wine and Cheese Expo dalam rangkaian Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) hingga 29 April nanti di La Piazza, Mal Kelapa Gading. Tidak semata dari luar negeri, tapi juga minuman anggur produk lokal.

Sababay, produsen anggur dari Singaraja, Bali, turut berpartisipasi. Jenis anggur yang digunakan juga khusus jenis bibit lokal. Salah satu keluarannya minuman anggur jenis rose wine.

"Rose wine itu bukan ada campuran bunganya, tetapi karena warnanya yang menyerupai rose. Tidak sepekat red wine, tetapi berada di tengah-tengah di antara red wine dan white wine," terang Adfi Tarishi, staf purchasing wine seller.

Rose wine keluaran Sababay ialah pink blossom. Minuman yang berkadar alkohol 11% ini memiliki unsur rasa buah ceri dan beri-berian dengan aroma leci dan jambu. Adfi menyarankan, pink blossom cocok untuk menemani kita saat mengudap pasta. Namun, untuk menemani satai lilit atau gado-gado, rasanya juga tidak salah.

Bir Kreasi

Minuman bir juga tidak ketinggalan. Salah satu produsen lokal yang sudah berada di pasaran sekitar delapan tahunan, Stark, memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mencobanya.

Stark mengeluarkan berbagai varian bir. Seperti bir rendah gula, pilsener, bir hitam, dan bir beraroma buah. Bahan dasar Stark ialah gandum impor karena masih sulit mendapatkan gandum dari dalam negeri.

"Kami ini salah satu jenis craft beer. Artinya proses pembuatannya menggunakan tangan manusia. Bukan mesin. Keunggulan dari craft beer, ada pada komposisinya. Seperti air yang kita gunakan, adalah langsung dari sumber pegunungan. Bahan baku utama juga ialah gandum, biasanya ada yang mencampurnya dengan jagung kalau bukan craft beer."

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More