Cara Mamalia Mengatur Suhu

Penulis: Anastasia Arvirianty Pada: Sabtu, 21 Apr 2018, 08:10 WIB Sela
Cara Mamalia Mengatur Suhu

MI/Duta

MANUSIA berkeringat, anjing terengah-engah, dan kucing menjilat bulu mereka. Mamalia telah mengadopsi serangkaian teknik yang menarik untuk mengatur suhu tubuh melalui penguapan. Namun, lalat berjenis latrine blowfly (Chrysomya megacephala) memiliki kecerdikan sendiri.

Serangga yang tumbuh di cuaca hangat dan menyimpan telurnya pada hewan mati itu mampu mendinginkan diri dengan meniup gelembung menggunakan perut. Cairan disalurkan melalui mulutnya dan diisap kembali. Hasil penelitian itu dipublikasikan di jurnal Nature Scientific Reports. “Ketika cairan bergerak keluar, terjadi penguapan yang menurunkan suhu fluida. Lalat kemudian menggerakkan tetesan yang nantinya mendinginkan suhu tubuhnya. Perilaku itu sebagai cara sangat efektif untuk meningkatkan pendinginan evaporatif dan menurunkan suhu tubuh mereka.” jelas Denis Andrade dari Universitas Negeri Sao Paulo di Brasil, peneliti dan penulis laporan. (AFP/Arv/X-7)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More