Cara Mamalia Mengatur Suhu

Penulis: Anastasia Arvirianty Pada: Sabtu, 21 Apr 2018, 08:10 WIB Humaniora
Cara Mamalia Mengatur Suhu

MI/Duta

MANUSIA berkeringat, anjing terengah-engah, dan kucing menjilat bulu mereka. Mamalia telah mengadopsi serangkaian teknik yang menarik untuk mengatur suhu tubuh melalui penguapan. Namun, lalat berjenis latrine blowfly (Chrysomya megacephala) memiliki kecerdikan sendiri.

Serangga yang tumbuh di cuaca hangat dan menyimpan telurnya pada hewan mati itu mampu mendinginkan diri dengan meniup gelembung menggunakan perut. Cairan disalurkan melalui mulutnya dan diisap kembali. Hasil penelitian itu dipublikasikan di jurnal Nature Scientific Reports. “Ketika cairan bergerak keluar, terjadi penguapan yang menurunkan suhu fluida. Lalat kemudian menggerakkan tetesan yang nantinya mendinginkan suhu tubuhnya. Perilaku itu sebagai cara sangat efektif untuk meningkatkan pendinginan evaporatif dan menurunkan suhu tubuh mereka.” jelas Denis Andrade dari Universitas Negeri Sao Paulo di Brasil, peneliti dan penulis laporan. (AFP/Arv/X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More