AS Inspeksi Keselamatan Penerbangan Baru

Penulis: AFP/Ire/I-2 Pada: Sabtu, 21 Apr 2018, 03:00 WIB Internasional
AS Inspeksi Keselamatan Penerbangan Baru

AFP PHOTO / National Transportation Safety Board

OTORITAS Penerbangan Federal AS (FAA) mengatakan pihaknya akan mengeluarkan panduan baru untuk memeriksa mesin jet setelah kecelakaan Southwest Airlines baru-baru ini.

Dalam dua minggu ke depan, peraturan yang mewajibkan inspeksi ultrasonik bilah kipas dari mesin jet tertentu saat mencapai jumlah tertentu lepas landas dan pendaratan akan dikeluarkan, menurut pernyataan FAA pada Rabu (18/4) malam.

"Kegagalan dalam pemeriksaan harus diganti," kata FAA.

Arahan datang setelah mesin kiri Southwest Airlines Penerbangan 1380 tiba-tiba meledak selama penerbangan, Selasa (17/4) dari New York ke Dallas. Pecahan peluru yang menghancurkan jendela telah mengakibatkan seorang perempuan terisap keluar dari pesawat. Perempuan itu, yang diidentifikasi sebagai Jennifer Riordan, 43, meninggal karena luka-lukanya.

Robert Sumwalt, Kepala Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB), mengatakan dalam pemeriksaan pertama dari mesin rusak Boeing 737 yang menunjukkan bahwa pisau kipas mesin hilang karena usia. Insiden itu merusak mesin penutup eksternal, yang dikenal sebagai cowling, tempat beberapa fragmen pisau ditemukan setelah pesawat mendarat.

Mesin jet CFM56-7B yang dimaksud, dibuat CFM International, perusahaan merger General Electric dan Safran Prancis yang secara luas digunakan di seluruh dunia pada Boeing 737 dan memiliki catatan keselamatan yang solid.

"Jika kami merasa ada masalah yang lebih dalam, kami memiliki kemampuan untuk mengeluarkan rekomendasi keselamatan yang mendesak," tambah Sumwalt.

Southwest sebelumnya mengumumkan pemeriksaan ekstra dari mesin CFM-56 dalam armada mereka, yang harus diselesaikan dalam 30 hari.

CFM International telah meminta maskapai penerbangan untuk melakukan inspeksi mesin tambahan, menurut laporan media AS.

Kapten SW Flight 1380, Tammie Jo Shults mendapat apresiasi karena dengan tenang mendaratkan jet tertekannya setelah ledakan mesin di udara.

Shults dan kopilotnya, Darren Ellisor, menyatakan hanya fokus melakukan pekerjaan dan tidak melakukan wawancara media.

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More