Persiapan Operasional MRT Baru 50%

Penulis: Yanurisa Ananta Pada: Kamis, 19 Apr 2018, 17:15 WIB Megapolitan
Persiapan Operasional MRT Baru 50%

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

DI saat progres infrastruktur jalur layang (flyover) dan jalur bawah tanah (underground) mass rapid transit (MRT) rata-rata sudah mencapai 90%, persiapan operasi dan pemeliharaan saat ini justru baru 50%.

Kepala Divisi Railway Operation MRT Jakarta, Mega Tarigan menyampaikan persiapan operasi akan mencapai 100% saat mendekati waktu operasi penuh, yakni Maret 2019.

"Jadi 100% ditargetkan mendekati awal-awal operasi. Ini ada kaitannya dengan proses sertifikasi tenaga operasi (masinis). Belum bisa dilakukan sekarang karena untuk dapat sertifikasi dari Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) butuh pengalaman praktik di lintas (MRT)," jelas Mega, di Jakarta, Kamis (19/4).

Untuk mengoperasikan kereta MRT di Fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI), PT MRT total membutuhkan 60 masinis. Perekrutan dilakukan per bacht, satu bacht terdiri dari 10 calon masinis. Hingga saat ini, MRT baru menyeleksi 41 masinis, 6 di antaranya perempuan.

Meski dua rangkaian kereta MRT telah tba di Dipo MRT Lebak Bulus, tetapi proses pengerjaan infrastruktur belum sepenuhnya selesai. Maka itu, 41 masinis yang sudah terpilih belum bisa melakukan uji lintasan sebagai syarat sertifikasi.

"Nanti setelah trial run mereka baru bisa mengajukan sertifikasi ke Kemenhub. Trial run sendiri berjalan selama tiga bulan. Paling lambat semua mendapatkan sertifikasi Maret tahun depan," ungkap Mega.

Di lain sisi, sertifikasi petugas pemeliharaan saat ini sudah dikantongi 68 trainee yang terpilih. Prosesnya lebih cepat ketimbang sertifikasi masinis. Per 13 April, kesiapan institusi atau kelembagaan sudah mencapai 52% dan kesiapan SDM mencapai 48%. (X-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More