Cara Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Anak

Penulis: Sri Yanti Nainggolan Pada: Kamis, 19 Apr 2018, 15:10 WIB Humaniora
Cara Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Anak

Ilustrasi

KECERDASAN dan kreativitas anak tak bisa muncul begitu saja, tetapi perlu distimulasi. Orang tua harus aktif memegang peran penting untuk bisa menumbuhkan dua sifat positif tersebut.

Stimulasi pertama dapat dilakukan dengan cara memberi kesempatan pada anak untuk mengenal hal-hal baru.

"Kalau mengobrol sama anak jangan hanya mengulang saja, tapi juga ajak bicara hal baru untuk menambah wawasan mereka," ujar psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani dalam konferensi pers SGM Eksplor Dukung Anak Indonesia Jadi Generasi Maju, Rabu, 18 April 2018.

Dalam hal ini, cobalah melakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan kreasi seperti memasak atau mendekorasi ruangan agar anak lebih mengenal banyak hal lagi.

Kemudian, orang tua tak hanya menjawab setiap pertanyaan aneh yang diajukan, tetapi juga memberi umpan balik dengan mengajukan pertanyaan lain.

"Ketika orang tua memberi pertanyaan, anak jadi berpikir. Jadi di sini ia juga belajar cara menjawab," tambahnya.

Ketiga, munculkan rasa ingin tahu pada anak. Ketika memperkenalkan benda, ajukan pertanyaan-pertanyaan tambahan.

Ia memberi contoh, ketika anak menunjuk suatu benda, misalnya mobil, orang tua sebaiknya tidak hanya memberi respons setuju. Cobalah menjelaskan lebih banyak soal mobil, misalnya warna, jumlah roda atau informasi baru untuk diserap anak.

Terakhir, biasakan mengobrol singkat namun lengkap dengan anak, yaitu dengan menggunakan satu kalimat utuh.

"Perlu diingat, jangan mencampurkan beberapa bahasa dalam satu kalimat karena dapat membuat anak bingung, apalagi anak sedang dalam tahap belajar sistematika bahasa," pungkasnya. (Medcom/OL-6)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More