Psikolog: Jangan Paksakan Cita-cita Orang Tua pada Anak

Penulis: Sri Yanti Nainggolan Pada: Kamis, 19 Apr 2018, 15:00 WIB Humaniora
Psikolog: Jangan Paksakan Cita-cita Orang Tua pada Anak

Ilustrasi

TERKADANG, orang tua memberikan kursus tertentu tanpa pertujuan anak. Bahkan, beberapa orang tua memberikan kursus yang sebenarnya merupakan keinginan mereka sendiri yang tak tercapai.

Tepatkah hal tersebut?

Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani juga tak menampik bahwa beberapa orang tua memang memberikan les pada anak, yang tak bisa dicapai saat mereka kecil.

"Memang tak salah kalau orang tua ingin anak lebih baik dari mereka. Tetapi coba dipikir, apa cita-cita tak kesampaian orang tua memang lebih baik?" ujar psikolog yang akrab disapa Nina itu dalam konferensi pers SGM Eksplor Dukung Anak Indonesia Jadi Generasi Maju, Rabu, 18 April 2018.

Bisa jadi, lanjut dia, anak memiliki bakat tersendiri yang belum kelihatan. Jika memang demikian, orang tua perlu lebih jeli dalam melihat kelebihan anak.

Senada dengan Nina, pemerhati pendidikan anak usia dini Capri Anjaya juga berpendapat bahwa orang tua perlu memerhatikan apa yang menonjol dari si kecil.

"Orang tua bisa mencari tahu dengan memperkenalkan berbagai hal pada anak, seperti seni atau olahraga," kata dia, pada kesempatan yang sama.

Dengan demikian, anak bisa dengan bebas menentukan bidang apa yang paling menarik minatnya dan ingin digeluti secara serius. (Medcom/OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More