Promosi Asian Games 2018 Segera Digencarkan

Penulis: Nurul Fadillah Pada: Rabu, 18 Apr 2018, 20:10 WIB Olahraga
Promosi Asian Games 2018 Segera Digencarkan

MI/Pius Erlangga

PANITIA Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) berencana mulai menggencarkan promosi tiga bulan sebelum penyelenggaraan pesta olahraga terakbar Asia, 18 Agustus-2 September mendatang. 

Hal itu diungkapkan oleh Deputi II bidang Administrasi Pertandingan INASGOC Francis Wanandi saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (18/4).

Sebelumnya, dalam rapat terbatas lintas kementerian dan lembaga serta Inasgoc di Istana Bogor, Presiden Joko Widodo mempertanyakan promosi Asian Games yang masih belum terlihat meriah. 

Menanggapi hal tersebut, Francis mengatakan promosi Asian Games memang baru akan digencarkan mulai pertengahan Mei mendatang. "Kita memang baru mulai menggencarkan promosi tiga bulan sebelum Asian Games karena anggaran kita kan memang terbatas. Kalau kita gencarkan dari sekarang takutnya bentrok sama promosi Pilkada 2019 dan juga Piala Dunia Rusia 2018, takutnya malah mubazir, entah dirusaklah apa lah dan engga efektif," ujar Francis.

Francis mengungkapkan, untuk saat ini promosi hanya lebih diperluas di media sosial saja. Pasalnya, Inasgoc tengah mengincar pasaran anak anak muda agar tertarik pada penyelenggaraan ASian Games.

"Promosi di sosmed itu paling murah dan efisien karena menjangkau kalangan muda juga yang merupakan pasarannya kita saat ini. Tapi, pemasangan billboard, umbul-umbul dan atribut-atribut Asian Games juga sudah dimulai di Jalan Sudirman dan Thamrin yang kedepannya akan lebih diperluas lagi jangkauan wilayahnya," jelas Francis.

"Sebelumnya, juga kita terkendala masalah izin dan pajak pemasangan atribut di jalan-jalan karena untuk pasang iklan di DKI Jakarta itu pajaknya engga murah, tetapi akhirnya Pemerintah memutuskan untuk membebaskan pajak. Dengan kendala-kendala seperti itu juga sempat menghambat kami," lanjutnya.

Untuk promosi dan sosialisasi, Inasgoc menganggarkan lebih dari Rp150 miliar. Dana tersebut juga digunakan untuk memasang iklan di media-media lokal maupun internasional.

"Kita juga targetkan akan ada pemasangan 5.000 iklan di televisi karena untuk saat ini kan media paling besar ya televisi. Kemudian, nanti pada penjualan tiket yang dimulai Mei juga promosi akan mulai disinggung-singgung dan nanti juga akan ada Torch Relay (pawai obor) yang akan dimulai pada 15 Juli dan melewati 51 titik di Indonesia," pungkasnya. (A-5)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More