Pembangunan di Wilayah Perbatasan Membanggakan

Penulis: M Taufan SP Bustan Pada: Selasa, 17 Apr 2018, 20:45 WIB Politik dan Hukum
Pembangunan di Wilayah Perbatasan Membanggakan

MI/M Taufan SP Bustan

KETUA Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Wiranto mengaku sejak pemerintah mencanangkan pembangunan di wilayah perbatasan negara, kini telah tampak progresnya. Hal paling menonjol di sejumlah wilayah perbatasan itu adanya jalan baru yang terbangun. 

"Adanya jalan baru tentunya ada penambahan transportasi baru. Di wilayah perbatasan negara kita juga sudah ada pelabuhan, dan bandara," terangnya di Merauke, Papua, Selasa (174). 

Menurut Menko Polhukam itu, progres lainnya adalah pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Jika dulunya terkesan kumuh, tidak membanggakan, dan menyedihkan, kondisinya kini telah menjadi PLBN yang membanggakan masyarakat khususnya negara karena bisa lebih bagus ketimbang negara tetangga. 

"Dulu kami kalah dengan tetangga. Sekarang sudah jauh lebih bagus. Perintah Presiden Joko Widodo, 2 minggu dibongkar kemudian bikin baru. Terus kalau tetangga 2 tingkat, kita bangun 3 tingkat termasuk jalannya," jelas Wiranto. 

Hingga saat ini telah terbangun 7 PLBN di sejumlah perbatasan negara dan semua PLBN itu diakui membanggakan bahkan telah menjadi daya tarik masyarakat seberang untuk datang melihat perkembangan luar biasa di wilayah perbatasan.

"Mereka masuk ke wilayah kita melalui perbatasan ada yang datang belanja terus balik lagi. Begitu seterusnya mereka pasti senang melihat perbatsan kita yang begitu megah," ungkap Wiranto. 

Pembangunan di wilayah perbatasan merupakan bagian dari membangun kebanggaan nasional masyarakat.  Pasalnya, lanjut politikus Partai Hanura itu, masyarakat akan bangga ketika wilayah tempat tinggalnya diperdulikan oleh pemerintah, sehingga ketika ditanya oleh negara tetangga mereka akan sangat bangga mengaku asal Indonesia. 

"Kan secara fisik membanggakan yah. Tapi kalau dulu kumuh, pas warga ditanya mungkin dia ogah jawabnya karena merasa terasing dan terpinggirkan. Sekarang kan tidak, sekarang sudah merasa di rangkul, diorangkan, dan diperhatikan," tegasnya. 

Wiranto menambahkan, perlu diketahui bahwa pembangunan perbatasan bukan aksi-aksian dan bukan hal politik mercusuar. Itu semua dilakukan tidak terlepas untuk memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

"Negara hanya mau itu semua berdampak dan membanggakan bangsa," tandasnya. (A-5) 
 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More