Universitas Berwenang Cabut Ijazah Alumninya

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Selasa, 17 Apr 2018, 20:23 WIB Polkam dan HAM
Universitas Berwenang Cabut Ijazah Alumninya

MI/Bagus Suryo

WACANA untuk mencabut gelar akademik bagi para narapidana tindak pidana korupsi kembali mengemuka. Menurut Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek dan Dikti) hal tersebut mungkin dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi karena mereka yang berwenang.

Beberapa universitas di antaranya Bina Nusantara (Binus) Jakarta telah berkomitmen membatalkan ijazah alumnusnya, apabila terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad menegaskan, kewenangan pencabutan ijazah ada pada instansi pendidikan yakni perguruan tinggi yang menerbitkannya.

"Yang bisa mencabut gelar adalah institusi yang menerbitkan ijazah yang bersangkutan," ujar Intan di Jakarta, pada Selasa (17/4).

Sebelumnya, Universitas Padjadjaran (Unpad) sempat mengemukakan tentang pemberian sanksi serupa bagi alumninya sebagai bagian dari upaya untuk mencegah korupsi. Senada, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Airlangga (Unair) juga mendukung wacana tersebut. (OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More