Petani Aceh Bersorak Harga Kakao Rp31 Ribu/Kg

Penulis: Amiruddin Abdullah Reubee Pada: Selasa, 17 Apr 2018, 20:20 WIB Nusantara
Petani Aceh Bersorak Harga Kakao Rp31 Ribu/Kg

MI/Amiruddin Abdullah

HARGA biji kakao kering di tingkat tengkulak di Provinsi Aceh sejak tiga hari terakhir mencapai Rp 31.000/kg (kilogram). Harga tersebut paling mahal sejak dua bulan terakhir yakni mulai awal Maret hingga April 2018.

Ketua Forum Kakao Aceh (FKA) Kabupaten Bireuen, Husaini MY, kepada Media Indonesia, Selasa (17/4) mengatakan pada Februari hingga pertengahan Maret 2018, harga biji kakao kering di Aceh sempat turun hingga Rp 22.000/kg. Kemudian, di akhir Maret harganya mulai membaik di kisaran Rp27.000/kg.

Kemudian saat ini harga biji kakao telah mencapai Rp 31.000/kg. Hal itu membuat para petani di Aceh semakin rajin memanen buah bahan baku coklat tersebut.

"Puncak panen kakao di Bireuen pada Maret lalu. Sekarang panennya mulai menurun, tapi harganya semakin membaik yaitu Rp 31.000/kg," kata Husaini.

Dikatakan Hasini, ke depan diperkirakan harga biji kakao bisa mencapai Rp32.000/kg atau lebih. Pasalnya permintaan di tingkat pasar dunia tergolong stabil dan kebutuhan perusahaan produksi coklat sangat besar.

"Mudah mudahan tidak ada gejolak harga dunia dan jangan terjadi permainan pasar yang merugikan petani kakao," tambah Husaini yang juga pedagang penampung kakao di Kabupaten Bireuen, Aceh.

Berdasarkan catatan Media Indonesia, hasil produksi kakao Aceh dipasarkan melalui pasar Medan, Provinsi Sumatra Utara. Kemudian dari  Medan baru diekspor pasar dunia seperti Amerika dan Eropa. (A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More