Tidak Lulus SNMPTN, Mendikbud Ingatkan Masih ada SBMPTN

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Selasa, 17 Apr 2018, 17:05 WIB Humaniora
Tidak Lulus SNMPTN, Mendikbud Ingatkan Masih ada SBMPTN

ANTARA

HASIL Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 diumumkan hari ini, Selasa (17/4). Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Ristekdikti) Mohammad Nasir mengatakan jumlah peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebanyak 110.946 siswa dari total jumlah pendaftar sebanyak 586.155 siswa.

Para peserta SNMPTN dapat mengecek pengumuman tersebut di laman resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id/. Selain itu ada pula alternatif tautan lainnya yakni 12 situs PTN di Indonesia. Jumlah 110.946 siswa yang lulus tersebut mencakup 28.096 siswa dari program bantuan bidikmisi.

Nasir menyampaikan, bagi peserta yang belum diterima masuk PTN dari jalur SNMPTN, masih ada jalur lain yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang pendaftarannya akan dimulai pada 27 April 2018.

"Masih ada kesempatan lain. Mudah-mudahan mereka bisa mengikuti proses tersebut. Jangan berkecil hati, pemerintah sudah menfasilitasi agar bisa masuk ke perguruan tinggi negeri," ujar Nasir seusai konferensi pers SNMPTN di Kantor Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, Jakarta, pada Selasa (17/4).

Selain SBMPTN, sambung Menristek, masih ada juga ujian mandiri di seluruh PTN di Indonesia. Jadwal pelaksanaannya setelah SBMPTN.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pusat Sekretaris Nasional SNMPTN 2018 Professor Ravik Karsidi menuturkan daftar ulang bagi peserta yang telah dinyatakan lolos SNMPTN dilakukan pada 8 Mei mendatang. (OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More