Konflik Suriah tidak Pengaruhi Investor

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Selasa, 17 Apr 2018, 14:13 WIB Ekonomi
Konflik Suriah tidak Pengaruhi Investor

AFP PHOTO / LOUAI BESHARA

MEMASUKI pekan perdagangan baru, investor berbagai kelas aset mengkhawatirkan serangan yang dilakukan Amerika Serikat (AS) dan Sekutu terhadap Suriah akan menjadi pemicu untuk menjual aset berisiko.

Namun, ternyata, serangan yang dilancarkan pada Sabtu (14/4) lalu bersifat terbatas dan diperkirakan tidak akan berulang karena Presiden AS Donald Trump sudah mengatakan bahwa misi telah selesai.

“Banyak orang khawatir serangan ini akan membuka konfrontasi lebih besar, tapi ternyata tidak cukup hebat untuk mengundang serangan balasan dari Rusia. Reaksi pasar valuta asing yang tidak terlalu besar pada Senin (16/4) menunjukkan kelegaan investor terhadap konflik yang mereda,” ujar Chief Market Strategist FXTM Hussein Sayed melalui keterangan resmi, Selasa (17/4).

Penurunan harga minyak juga menjadi isyarat kelegaan pasar. Sebelumnya, pada pekan lalu, ketegangan geopolitik membuat Brent melonjak ke level tertinggi sejak 2014.

“Walaupun turun 1% pada awal perdagangan, saya melihat masih banyak premi risiko pada harga saat ini. Tetapi dengan semakin berkurangnya ketegangan geopolitik, saya rasa harga akan semakin turun ke bawah $70," jelasnya. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More