DPR Sebut Penjelasan Facebook belum Memuaskan

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Selasa, 17 Apr 2018, 14:07 WIB Politik dan Hukum
DPR Sebut Penjelasan Facebook belum Memuaskan

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

KOMISI I DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan perwakilan Facebook, hari ini, Selasa (17/4).

Dalam rapat dengar pendapat itu, Facebook meminta maaf atas kasus penyalahgunaan data yang menyeret 1,09 juta pengguna Facebook Indonesia.

Dalam sesi pertama rapat yang berlangsung selama dua jam lebih itu, para anggota DPR memberondong Facebook dengan berbagai pertanyaan.

Wakil Ketua Komisi I Satya Widya Yudha mengatakan penjelasan Facebook belum sesuai harapan. Facebok belum bisa mengungkap pemanfaatan data pribadi yang didapat secara ilegal tersebut.

Dia juga menilai Facebook belum mampu memberikan penjelasan memadai mengenai audit yang dilakukan terhadap aplikasi pihak ketiga yang tengah dilakukan.

"Masih belum sesuai harapan. Ini masih panjang. Kita inginnya pertemuan ini tidak hanya sekali karena ini untuk menjamin keamanan data 1 juta lebih pengguna. Indikasinya bisa lebih," jelas Satya.

Facebook yang diwakili Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari dan Vice President of Public Policy Facebook Asia Pacific Simon Milner menyatakan pihaknya tidak memiliki hubungan sama sekali dengan firma konsultan Cambridge Analytica yang diketahui memanfaatkan data pribadi pengguna secara tidak sah.

Menanggapi itu, anggota Komisi I DPR Evita Nursanty menyatakan Facebook semestinya tidak melemparkan tanggung jawab kepada pihak ketiga yang menyalahgunakan data pribadi pengguna. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More