Facebook Indonesia Minta Maaf

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Selasa, 17 Apr 2018, 12:58 WIB Polkam dan HAM
Facebook Indonesia Minta Maaf

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari -- MI/Susanto

FACEBOOK Indonesia memenuhi panggilan DPR RI. Dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang digelar hari ini, Selasa (17/4), Facebook meminta maaf atas kasus penyalahgunaan data yang yang juga menyeret 1,09 juta pengguna Facebook Indonesia.

Dalam RDPU bersama Komisi I DPR RI itu, Facebook diwakili Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari dan Vice President of Public Policy Facebook Asia Pacific Simon Milner.

Seperti pendiri Facebook Mark Zuckerberg yang meminta maaf di depan Kongres AS baru-baru ini, Ruben pun mewakili Facebook Indonesia meminta maaf.

"Kami sadar kami belum melakukan upaya maksimal dalam mencegah penyalahgunaan perangkat kami. Merupakan kesalahan besar bagi kami untuk tidak memandang tanggung jawab kami secara lebih luas dan CEO kami sepenuhnya mengambil tanggung jawab itu," kata Ruben

"Kami di sini ingin menyampaikan permohonan maaf kami," imbuhnya.

Ruben memberikan penjelasan mengenai pengambilan data secara ilegal yang melibatkan 1,09 juta pengguna di Indonesia. Data dipanen oleh lembaga konsultasi politik Cambridge Analytica melalui pengembang aplikasi pihak ketiga Facebook Aleksandr Kogan.

Dia membeberkan terdapat 748 orang yang menggunakan aplikasi This is Your Digital Life yang dikembangkan Kogan. Dari jumlah itu ada 1.095.918 pengguna tambahan yang terkena dampak.

Pasalnya, data pribadi yang diambil tidak hanya pada pengguna aplikasi tapi juga jejaring pertemanannya. Sehingga, total pengguna yang terdampak berjumlah 1.096.666.

Aplikasi tersebut aktif sejak November 2013 hingga akhirnya ditutup Facebook pada Desember 2015. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More