Kementerian KUKM Dorong Koperasi Masuk Pasar Modal

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Selasa, 17 Apr 2018, 09:50 WIB Ekonomi
Kementerian KUKM Dorong Koperasi Masuk Pasar Modal

ANTARA/Ari Bowo Sucipto

KEMENTERIAN Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) menggelar rapat koordinasi dengan para stakeholder guna mendorong koperasi masuk ke pasar modal.

Asisten Deputi Keanggotaan Koperasi Kementerian KUKM Untung Tri Basuki mengungkapkan, dalam rapat tersebut, regulasi yang berhubungan dengan akses koperasi di pasar modal melalui instrumen obligasi atau surat utang jangka panjang menjadi pembahasan utama.

Saat ini, koperasi masih mengalami kesulitan untuk masuk ke pasar modal. Hal itu terjadi karena kalangan koperasi belum familiar dengan hal-hal yang terkait dengan dunia pasar modal.

"Alternatif pendanaan yang ada selama ini dipandang relatif lebih mudah diakses bagi mereka. Regulasi yang ada sekarang pun belum mendukung dan harus diselaraskan," ujar Untung melalui keterangan resmi, Selasa (17/4).

Maka dari itu, dalam waktu dekat akan dilakukan koordinasi dalam rangka sinkronisasi peraturan terkait penerbitan obligasi koperasi dan melakukan sosialisasi bersama antara Kementerian KUKM dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Hal yang perlu diperhatikan untuk kesiapan koperasi akses menerbitkan obligasi antara lain adalah perlunya penerapan Good Corporate Governance yang mencakup tata kelola koperasi yang baik,” tandasnya. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More