1915: Gas Pembunuh Massal Digunakan

Penulis: History|BBC|Dok.MI Pada: Selasa, 17 Apr 2018, 07:10 WIB Humaniora
1915:  Gas Pembunuh Massal Digunakan

WORLDWAR1.COM

UNTUK kali pertama di dunia, pasukan Jerman dalam Perang Dunia I menggunakan gas pembunuh massal dalam perang melawan Inggris dan Prancis.

Akibat pemakaian gas itu, sejumlah tentara Sekutu tewas dan perang itu pun terkenal dengan sebutan Perang Gas. Setelah berakhirnya Perang Dunia I, dimulailah usaha-usaha untuk melarang pemakaian gas-gas kimia dalam peperangan.

Akhirnya, ditandatanganilah perjanjian internasional yang berisi pelarangan produksi, perbanyakan, dan penggunaan senjata kimia dalam perang. Namun, perjanjian itu tidak dihiraukan negara-negara besar, seperti AS yang tetap menggunakan gas kimia dalam perang Vietnam dan rezim Saddam dengan dukungan negara-negara Barat yang menggunakan senjata kimia dalam invasi ke Iran.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More