1915: Gas Pembunuh Massal Digunakan

Penulis: History|BBC|Dok.MI Pada: Selasa, 17 Apr 2018, 07:10 WIB Humaniora
1915:  Gas Pembunuh Massal Digunakan

WORLDWAR1.COM

UNTUK kali pertama di dunia, pasukan Jerman dalam Perang Dunia I menggunakan gas pembunuh massal dalam perang melawan Inggris dan Prancis.

Akibat pemakaian gas itu, sejumlah tentara Sekutu tewas dan perang itu pun terkenal dengan sebutan Perang Gas. Setelah berakhirnya Perang Dunia I, dimulailah usaha-usaha untuk melarang pemakaian gas-gas kimia dalam peperangan.

Akhirnya, ditandatanganilah perjanjian internasional yang berisi pelarangan produksi, perbanyakan, dan penggunaan senjata kimia dalam perang. Namun, perjanjian itu tidak dihiraukan negara-negara besar, seperti AS yang tetap menggunakan gas kimia dalam perang Vietnam dan rezim Saddam dengan dukungan negara-negara Barat yang menggunakan senjata kimia dalam invasi ke Iran.

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More