Harga Beras Turun

Penulis: (RS/ES/PO/BB/AD/HK/JS/LD/RF/N-2) Pada: Senin, 16 Apr 2018, 23:45 WIB Nusantara
Harga Beras Turun

MI/BENNY BASTIANDY

HARGA sejumlah barang kebutuhan popok di Kabupaten Badung, Bali, dalam sepekan terakhir, masih stabil. Bahkan, harga beras terus menurun. Beberapa komoditas yang harganya masih bertahan ialah daging ayam Rp38 ribu, bawang merah Rp40 ribu, dan cabai rawit Rp50 ribu per kilogram. “Harga masih banyak yang bertahan dalam sepekan terakhir,” ujar Made Adi, pedagang di pasar tradisional Desa Dalung Kuta Utara, Senin (16/4).

Sementara itu, harga beras medium cenderung terus turun. Dalam dua pekan sudah tiga kali harga beras turun, dari Rp12 ribu menjadi Rp9.750 per kilogram.  Harga beras juga dilaporkan menurun di Blitar, Jawa Timur, mencapai Rp2.000 per kilogram. Harga beras paling murah Rp9.000 turun dari sebelumnya Rp11 ribu.

“Sudah seminggu ini, harga cabai rawit juga turun dari Rp28 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram,” kata Ali Mahmud, pedagang di Pasar Legi.  Kemarin, Bulog Nusa Tenggara Timur, kembali melanjutkan operasi pasar beras setelah OP pertama berakhir 31 Maret. Pada hari pertama, Bulog menggelontorkan 43 ton beras medium ke 84 pengecer beras di tiga pasar tradisional dan rumah pangan kita di Kota Kupang.

“Operasi pasar beras medium bertujuan menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga di pasar. Beras yang dipasok ke pasar berasal dari pengadaan luar negeri sebanyak 10 ribu ton, yang tiba di Kupang Februari lalu,” kata Kabid Pelayanan Publik, Bulog NTT Dominggus Foes.

Ia menambahkan Bulog terus menjaga ketersediaan pasokan beras di pasar, serta menurunkan harga beras di pedagang yang dinilai masih tinggi. Bulog menjual Rp9.800, sedangkan harga beras premium di pasar masih sekitar Rp13 ribu.

Di Cianjur, Jawa Barat, warga bisa memilih salah satu dari tiga pilihan beras. “Saat harga beras naik, warga tidak perlu bingung, karena ada alternatif yang bisa dipilih,” kata Kepala Dinas KUKM Cianjur, Himan Haris. Beras paling murah dijual Rp8.500, beras medium Rp9.500, dan beras premium Rp11 ribu per kilogram. “Persediaan beras untuk ketiga jenis itu selalu dalam kondisi aman,” tambah Himan. (RS/ES/PO/BB/AD/HK/JS/LD/RF/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More