DPRD Berencana Bentuk Pansus LRT

Penulis: Nicky Aulia Widadio Pada: Senin, 16 Apr 2018, 14:31 WIB Megapolitan
DPRD Berencana Bentuk Pansus LRT

MI/ARYA MANGGALA

DPRD DKI Jakarta berwacana membentuk panitia khusus (pansus) Light Rail Transit (LRT). Pansus tersebut rencananya dibentuk sebelum proyek LRT fase dua dilaksanakan.

"Memang ada rencana DPRD, beberapa kawan mengusulkan adanya pansus LRT. Kenapa? Karena kan mau dibangun fase kedua," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik di Balai Kota Jakarta, Senin (16/4).

Taufik menilai pembentukan Pansus penting untuk mengefisienkan penggunaan anggaran. Sebab, menurut dia, biaya pembangunan fase 1 Rawamangun-Kelapa Gading terlampau mahal dibanding dengan pembangunan LRT di lokasi lain, yakni Rp1 miliar per kilometer. Padahal di lokasi lain, pembangunannya berkisar Rp600 juta per kilometer.

"Fase kedua itu kita mesti efisienkan untuk anggaran karena ujungnya rakyatnya juga yang akan terbebani dengan biaya itu," ujar Taufik.

Politikus Partai Gerindra ini meminta Pansus tidak dianggap sebagai momok menakutkan. Menurutnya, Pansus hanya mengawal pembangunan LRT fase II.

"Jangan dianggap kemudian momok. Itu bisa saja untuk memberikan panduan kepada Pemda bahwa pada pembangunan fase II mesti begini, mesti begitu loh," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambut baik wacana itu. Dia berjanji akan terbuka kepada pansus terkait pembangunan LRT fase kedua rute Rawamangun-Dukuh Atas.

"Itu hak dari temen-temen dewan kalau ingin membentuk Pansus dan kita akan kooperatif. kita akan pastikan tidak ada yang ditutup-tutupi," pungkas Sandi. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More