Geopark Ciletuh Dapat Pengakuan Unesco Global Geopark

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Senin, 16 Apr 2018, 14:19 WIB Humaniora
Geopark Ciletuh Dapat Pengakuan Unesco Global Geopark

ANTARA/Novrian Arbi
Curug Cimarinjung yang termasuk dalam Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi

GEOPARK Ciletuh Sukabumi resmi mendapatkan predikat sebagai Unesco Global Geopark (UGG). Pengesahan disampaikan dalam sidang Executive Board Unesco, Kamis (12/4) di Paris, Perancis.

"Ke-13 usulan tersebut diterima tanpa perdebatan. Artinya, semua negara menyetujui kawasan Ciletuh sebagai UGG," ujar  General Manager Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Dana Budiman, Sabtu (14/4).

"Potensinya juga sangat besar. Keindahan alamnya lengkap. Ada landscape, gunung, air terjun, sawah, ladang, dan berujung di muara sungai ke laut. Karena itu harus cepat dikembangkan, agar bisa menghidupkan ekonomi masyarakatnya," imbuh Dana.

Geopark Ciletuh juga dikelilingi hamparan alluvial dengan batuan unik dan pemandangan yang indah. Pantai Cimaja di Ciletuh juga memiliki ombak yang kerap dijadikan arena selancar.

Di Geopark Ciletuh, wisatawan juga bisa menikmati beragam objek wisata antara lain Air Terjun Awang, Taman Purba, dan Bukit Panenjioan. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More