Ini 5 Industri Pendorong Industri 4.0

Penulis: Raja Suhud Pada: Senin, 16 Apr 2018, 11:58 WIB Ekonomi
Ini 5 Industri Pendorong Industri 4.0

MI/Raja Suhud

MENTERI Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menegaskan bahwa ada lima sektor industri yang jadi pendorong perkembangan Revolusi Industri 4.0°

"Lima sektor industri adalah makanan dan minuman, kimia, tekstil, elektronik, dan otomotiv," tambah Menperin Airlangga Hartarto dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) dengan topik "Indonesia Siap Menuju Revolusi 4.0", bertempat di Ruang Serba Guna Kemenkominfo, Jakarta, Senin (16/04/2018).

Pilihan terhadap 5 industri itu dilakukan karena sesuai dengan karakteristik perekonomian Indonesia yang paling banyak disumbangkan dari sektor konsumsi.

Airlangga menjelaskan perbedaan antara revolusi industri 3.0 dan revolusi industri 4.0 adalah revolusi industri ketiga didorong oleh laba. sedangkan untuk revolusi industri keempat lebih didorong oleh harga dan biaya.

"Revolusi Industri 4.0 tidak sepenuhnya tergantung pada kecerdasan buatan (artificial intelegence). Sebab tetap saja Revolusi Industri 4.0 melibatkan pemikiran dan emosi juga," tegas Airlangga.

Namun Menperin menekankan bahwa teknologi internet terutama dengan bandwith besar menjadi tulang punggung Revolusi Industri 4.0. Lalu pencetakan dengan teknologitiga dimensi (3D printing technology) telah merevolusi pembuatan sampel atau produk dari industri.

Selanjutnya, jenis pekerjaan akan ada perubahan. Menperin menambahkan bahwa menurrut studi yang terpenting adalah industrial data."Sektor industri lainnya memang tetap penting arena tak semuanya dapat tergantikan oleh digitalisasi.(OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More