Prestasi Guardiola di Eropa Berlanjut

Penulis: Nurul Fadillah Pada: Senin, 16 Apr 2018, 07:56 WIB Sepak Bola
Prestasi Guardiola di Eropa Berlanjut

AFP/BEN STANSALL

MANCHESTER City memastikan diri sebagai juara Liga Primer Inggris. Kekalahan Manchester United dari West Brom Albion 0-1 di Old Trafford pada Minggu (15/4) malam memberikan gelar bagi para punggawa The Citizens.

Dengan kekalahan tersebut, United hanya mengoleksi 71 poin dari 33 laga yang berarti hanya 86 poin yang mampu mereka hasilkan jika meraih hasil maksimal hingga akhir musim. Sebaliknya, City sudah bisa dipastikan sebagai juara sebelum menyelesaikan lima pertandingan terakhir mereka.

Kemenangan dalam 28 pertandingan membuat City kian menguasai puncak klasemen dengan 87 poin dari total 33 pertandingan yang tidak mungkin terkejar bahkan oleh United yang menjadi pesaing terdekat. Keberhasilan The Citizens tidak terlepas dari peranan arsitek handal mereka, Pep Guardiola.

Guardiola semakin mengukuhkan prestasinya di Eropa dengan meraih gelar ketujuhnya di liga. Sebelumnya, bersama klub negeri asalnya Spanyol, Barcelona, Guardiola menjadi juara di tiga musim La Liga. Begitu pula saat melatih di Bundesliga, Guardiola memastikan meraih tiga gelar bersama Bayern Munchen.

Selain kerap juara liga, Guardiola juga sudah memenangkan dua Copa del rey, dua DFB Pokal, serta dua gelar Liga Champions. Gelar kali ini pun menjadi yang pertama bagi Guardiola di EPL setelah menukangi City sejak musim 2016-2017 lalu.

Dengan lima laga yang tersisa, Guardiola menyamai pencapaian rekor manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. Sebelumnya, Ferguson juga menjadikan United juara dengan menyisakan lima pertandingan liga pada musim 2000-2001.

Kala itu, Sir Alex Ferguson berhasil membawa timnya menjadi kampiun karena raihan poin timnya tidak mungkin lagi dikejar dengan lima laga sisa. Man United mengumpulkan 76 poin dengan selisih 16 poin dari peringkat kedua Arsenal.

Sementara itu, pada sisa pertandingan tersebut, Guardiola berharap bisa merayakan gelar dengan kemenangan.

"Ini jelas lebih sulit (untuk memenangkan gelar di Inggris). Secara fisik, kondisi cuaca di ebberapa pertandingan, Liga Primer sangatlah sulit," ujar Guardiola.

"Itulah sebabnya kemenangan pada pekan depan (melawan Swansea City), semoga kami akan memenangkannya karena itu akan tetap berada di dalam hati kami selamanya. Ini adalah salah satu yang terbaik untuk memenangkan gelar di setiap liga adalah hal yang penting, dengan Barcelona tentu spesial, tetapi di LIga Primer Inggris adalah salah satu yang terbaik dan juga paling penting," lanjutnya. (Skysports/OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More