Istirahat Tingkatkan Daya Ingat

Penulis: Yan/BBC/X-8 Pada: Senin, 16 Apr 2018, 07:35 WIB Humaniora
Istirahat Tingkatkan Daya Ingat

Seno

SIAPA sangka teknik sesederhana ini ternyata ampuh untuk meningkatkan daya ingat kita. Hanya dengan meredupkan lampu, duduk tenang selama 10-15 menit, Anda akan menyadari bahwa ingatan tentang fakta yang baru saja Anda pelajari sangat menempel di kepala.

Metode itu pertama kali didokumentasikan pada 1900 oleh psikolog Jerman, Georg Elias Muller, dan muridnya, Alfons Pilzecker. Kemudian di awal 2000-an diperdalam lagi oleh Sergio Della Sala di Universitas Edinburgh dan Nelson Cowan di Universitas Missouri.

Dalam salah satu tes yang mereka lakukan, para peserta diperdengarkan beberapa cerita dan menjawab pertanyaan 1 jam kemudian. Tanpa diberi kesempatan istirahat, mereka dapat mengingat hanya 7% dari fakta-fakta dalam cerita. Sebaliknya dengan beristirahat, ingatan melonjak menjadi 79% atau meningkat 11 kali lipat.(Yan/BBC/X-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More