1970: Bala Apollo 13

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Jumat, 13 Apr 2018, 09:06 WIB Humaniora
1970: Bala Apollo 13

Wikipedia

BENCANA terjadi sekitar 300 ribu km dari bumi ketika tangki oksigen nomor dua Apollo 13 meledak. Apollo 13 merupakan misi pendaratan ketiga berawak ke bulan.

Astronaut James Lovell, John Swigert, dan Fred Haise sudah meninggalkan bumi selama dua hari dengan tujuan dataran tinggi Fra Mauro di bulan, tetapi mereka terpaksa mengubahnya agar dapat pulang dengan selamat.

Masalah yang dialami Apollo ialah adanya gangguan pada cadangan normal oksigen, kelistrikan, pencahayaan, dan air.

Misi pendaratan pun dibatalkan. Baik astronaut ataupun pusat kendali di bumi segera mencari prosedur darurat yang paling memungkinkan.

Pesawat terpaksa mengorbit di bulan dan memulai perja­lan­an pulang yang dingin dan panjang ke bumi.

Astronaut dan pusat kendali menghadapi permasalahan logistik yang hebat guna menstabilkan pesawat, memelihara cadangan udara, dan menyediakan sumber tenaga yang cukup agar bisa memasuki atmosfer bumi dengan sukses.

Belum lagi permasalahan navigasi yang harus mereka siasati dengan baik. Pada 17 April tragedi itu berubah menjadi kegembiraan ketika Apollo 13 berhasil mendarat di Samudra Pasifik.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More