1909: Laemmle Dirikan IMP

Penulis: History|BBC|Dok.mi Pada: Kamis, 12 Apr 2018, 08:45 WIB On This Day
1909:  Laemmle Dirikan IMP

wikipedia

CARL Laemmle ialah pionir dalam pembuatan film Amerika. Ia mendirikan Independent Motion Picture Company (IMP) pada 12 April 1909. Studio Laemmle menantang Motion Picture Patent Company yang dibentuk pada 1908 oleh sembilan perusahaan film terkemuka yang memonopoli industri tersebut.

Patent Company tidak mengizinkan perusahaan film lain untuk menggunakan peralatan film mereka serta mendistribusikan film hanya kepada pemilik teater yang menyetujui peraturan yang mereka tetapkan.

Kodak setuju untuk menjual stok film mentah hanya kepada perusahaan tersebut sehingga Laemmle harus membeli stok film dari luar negeri.   Laemmle bertahan melawan 280 tuntutan hukum yang dilancarkan Patent Company, tetapi akhirnya berhasil dengan studionya.

Dia menyokong Mary Pickford menjadi salah satu bintang film yang mendunia ketika dia berusaha merebut Pickford dari Biograph Pictures pada 1910. Akan tetapi, dua tahun kemudian IMP ditarik Universal.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More