1908: Api Melahap Kota Chelsea di Massachusetts

Penulis: History|BBC|Dok.mi Pada: Kamis, 12 Apr 2018, 08:35 WIB On This Day
1908:  Api Melahap Kota Chelsea di Massachusetts

wikipedia

KEBAKARAN di Chelsea, Massachusetts, mengakibatkan 12 orang tewas, 85 hilang, diasumsikan meninggal, dan lebih dari 17 ribu warga kehilangan tempat tinggal.

Api menyebar ke dekat Boston, tidak jauh dari kilang minyak, tetapi padam seketika. Chelsea yang merupakan pinggiran Boston terletak di semenanjung yang dikelilingi Pelabuhan Boston dan sungai.

Pada waktu itu, Chelsea terdiri dari banyak pabrik dan berdampingan dengan perkampungan imigran yang kebanyakan orang Yahudi dari Rusia.  Sekitar pukul 11.00 siang api menjalar dari Boston Blacking Company yang memproduksi sepatu dan bahan perekatnya.

Angin kencang dengan kecepatan mencapai 40-50 mil (64-80 km) per jam menghalangi usaha pemadaman sehingga api dengan cepat menjalar ke perumahan.  Seisi kota langsung terbakar, termasuk daerah bisnis, sekolah, dan gereja, sedangkan para penduduk hanya sempat mengosongkan rumah dengan barang seadanya. Kerugian diperkirakan lebih dari US$300 ribu dan butuh 10 tahun bagi Chelsea untuk memperbaiki kerusakan.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More