Sebagian Tubuh Kita bukan kita

Penulis: BBC/Yan/X-5 Pada: Rabu, 11 Apr 2018, 07:30 WIB Humaniora
Sebagian Tubuh Kita bukan kita

Seno

LEBIH dari sebagian tubuh manusia ternyata bukan manusia. Itu disebabkan sel tubuh yang merupakan bagian manusia hanya 43% dan sisanya koloni makhluk mikroskopik. "Mereka sangat esensial bagi kesehatan kita," kata Prof Ruth Ley, Direktur Departemen Sains Mikrobiome pada Max Planck Institute di Jerman. "Tubuhmu tidak hanya dirimu," imbuhnya.

Sebersih apa pun Anda mandi, setiap sudut dan celah di tubuh Anda ditutupi makhluk mikroskopis. Itu termasuk bakteri, virus, fungi, dan archaea (organisme seperti bakteri). Jumlah terbesar mikroskopis itu ada di dalam usus yang gelap dan minim oksigen. Hal itu mengubah pemahaman kita tentang penyakit, bahkan itu juga memunculkan pertanyaan tentang apa artinya menjadi manusia dan serta membuka pemikiran baru tentang inovasi perawatan.(BBC/Yan/X-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More