Sebagian Tubuh Kita bukan kita

Penulis: BBC/Yan/X-5 Pada: Rabu, 11 Apr 2018, 07:30 WIB Humaniora
Sebagian Tubuh Kita bukan kita

Seno

LEBIH dari sebagian tubuh manusia ternyata bukan manusia. Itu disebabkan sel tubuh yang merupakan bagian manusia hanya 43% dan sisanya koloni makhluk mikroskopik. "Mereka sangat esensial bagi kesehatan kita," kata Prof Ruth Ley, Direktur Departemen Sains Mikrobiome pada Max Planck Institute di Jerman. "Tubuhmu tidak hanya dirimu," imbuhnya.

Sebersih apa pun Anda mandi, setiap sudut dan celah di tubuh Anda ditutupi makhluk mikroskopis. Itu termasuk bakteri, virus, fungi, dan archaea (organisme seperti bakteri). Jumlah terbesar mikroskopis itu ada di dalam usus yang gelap dan minim oksigen. Hal itu mengubah pemahaman kita tentang penyakit, bahkan itu juga memunculkan pertanyaan tentang apa artinya menjadi manusia dan serta membuka pemikiran baru tentang inovasi perawatan.(BBC/Yan/X-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More