1919: ILO Didirikan

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Rabu, 11 Apr 2018, 07:50 WIB On This Day
1919:  ILO Didirikan

wikipedia

INTERNATIONAL Labor Organization (ILO) didirikan sebagai organisasi mandiri di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 11 April 1919 di Paris, Prancis.

Undang-undang ILO ditulis pada Januari-April 1919 oleh komisi perwakilan sembilan negara, yaitu Belgia, Kuba, Cekoslowakia, Prancis, Italia, Jepang, Polandia, Inggris, dan Amerika Serikat serta dikepalai Samuel Gompers yang juga pemimpin American Federation of Labour (AFL).

ILO merupakan organisasi tripartit yang setengah anggotanya merupakan dewan eksekutif dan mewakili pemerintahan berbeda. Selain itu, seperempat anggota merupakan perwakilan dari pemberi kerja dan seperempat lagi berisi perwakilan para pekerja.

Konferensi Buruh Internasional yang pertama diadakan di Washington DC pada Oktober 1919 membahas enam persetujuan pertama organisasi, seperti pembatasan jam kerja, pengangguran, perlindungan atas hal-hal keibuan, dan usia kerja minimum. Pada musim panas berikutnya Sekretariat ILO didirikan di Jenewa, Swiss.

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More