1919: Pembunuhan Zapata

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Selasa, 10 Apr 2018, 07:30 WIB Humaniora
1919:  Pembunuhan Zapata

wikipedia

EMILIANO Zapata Salazar, pemimpin revolusi Meksiko, dijebak dan ditembak mati di Morelos oleh tentara pemerintah.

Dilahirkan sebagai petani pada 1879, Zapata dipaksa masuk menjadi tentara Meksiko pada 1908 dalam usahanya untuk merebut kembali tanah perdesaan yang diambil rancher. Setelah revolusi Meksiko dimulai pada 1910, Zapata membuat tentara tani di Morelo di bawah slogan 'Tanah Air dan Kebebasan'.

Zapata dan para gerilyawan petani meminta reformasi agraria dan kemudian menentang pemerintahan Meksiko Tengah yang dipimpin berturut-turut Francisco Madero, Victoriano Huerta, dan Venustiano Carranza. Kelompok Zapata tidak pernah bisa merebut kekuasaan Meksiko Tengah, tetapi mereka melakukan redistribusi lahan dan membantu petani-petani miskin di dalam teritori yang mereka kuasai.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More