Berjuang Hidup dalam Keheningan

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Minggu, 08 Apr 2018, 01:15 WIB Film
Berjuang Hidup dalam Keheningan

DOK. PARAMOUNT PICTURES

BICARA film horor, biasanya dijelaskan asal makhluk asing yang menyerang bumi atau berusaha menguasai peradaban manusia. Namun, tidak di film ini.

Sejak awal penonton langsung disuguhkan dengan sebuah keluarga yang sedang berada di swalayan di sebuah kota. Kondisinya pun janggal karena swalayan nampak tak terawat dan kondisi kota sangat sepi bagaikan kota mati. Cara komunikasi keluarga tersebut pun unik karena hanya menggunakan bahasa isyarat, dan bahasa itulah yang digunakan sepanjang film nanti.

Semua keanehan itu karena kota diserang monster. Monster tersebut sangat sensitif dengan suara bising. Bila ada suara, monster itu akan langsung membunuh siapa saja yang dianggap sebagai sumber suara.

Dalam film ini, John Karinski memfokuskan pada cerita bagaimana keluarga kecil tersebut berjuang hidup dalam lingkungan mencekam tanpa bersuara sedikit pun. Dalam film ini John Karinski turut berperan menjadi tokoh utama, dirinya berperan sebagai Lee Abbott yang merupakan ayah tiga anak di keluarga tersebut. Sang istri yang bernama Evelyn diperankan Emily Blunt.

Mencekam

Di awal fim, penonton akan langsung disuguhkan adegan mencekam. Anak bungsu dari pasangan Lee dan Evelyn tewas oleh makhluk tersebut, saat mereka berada di tengah perjalanan kembali ke rumah dari swalayan. Pascatewasnya anak bungsunya tersebut, mereka pun berusaha untuk tegar dan tetap berjuang menjalani hidup yang berbahaya.

Namun, sang ayah dari hari ke hari menghadapi situasi semakin tertekan. Ia harus menyelamatkan istrinya yang tengah hamil dan dua anak yang tersisa. Anak perempuannya tuli dan putranya penakut.

Kehamilan istrinya bak bom waktu yang menunggu untuk meledak. Berbagai cara pun mereka lakukan untuk mempersiapkan kelahiran anaknya tersebut, termasuk cara bagaimana proses lahiran tanpa suara.

A Quiet Place benar-benar memfokuskan penonton tentang perjuangan bertahan hidup, melawan rasa takut, dan kegelisahan tanpa bersuara sedikit pun yang melekat pada setiap karakter. Pastinya sulit dilakukan karena bersuara merupakan bagian dari ekspresi manusia.

Teka-teki

Film berdurasi 90 menit tersebut memberikan nuansa teka-teki tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Sinematografi yang apik ialah salah satu poin yang baik dari film ini.

Sejak menit pertama, kesunyian menjadi sebuah kunci percakapan di antara pemeran masing-masing. Mereka berkomunikasi, tanpa suara, hanya gerak mulut dan tangan.

Namun, tidak ada kejutan, seperti plot twist dalam film ini. Meskipun begitu tensi yang naik turun serta jump scare yang muncul akan membuat penonton selalu penasaran dengan apa yang terjadi selanjutnya.

Selain itu, A Quiet Place menyajikan cerita untuk dinikmati bukan untuk diketahui akar permasalahan dan lain-lain. Ceritanya disajikan dengan singkat dan fokus, tidak bertele-tele.

Film ini pun memberikan banyak pesan moral mulai dari pengorbanan orangtua untuk anaknya. Kegigihan dan perjuangan dalam menjalani hidup, hingga rasa kasih sayang dan kerja sama antaranggota keluarga.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More