Mohon Perhatian BRI Tondano

Penulis: Richard Tuwoliu Mangangue Jl Hasanuddin 18 No 2 Kelurahan Karangria Lingkungan II Kecamatan Tuminting, Manado 95237 Pada: Sabtu, 07 Apr 2018, 14:35 WIB Surat Pembaca
Mohon Perhatian BRI Tondano

ANTARA/PRASETIA FAUZANI

SEBAGAI pengajar di Universitas Negeri Manado (Unima) di Tondano, pada Oktober 2017 saya mengajukan permintaan kredit lanjutan ke BRI Tondano. Saya mengajukan permintaan kredit hingga 15 tahun ke depan. Artinya, permintaan kredit selama 5 tahun masa aktif mengajar dan 10 tahun masa pensiun ke depan. Pencairan terjadi pada akhir Oktober dan awal November 2017. Saya menerima sekitar Rp40 juta.

Pada pencairan pertama, yaitu dengan potongan selama 10 tahun masa pensiun, saya menerima sekitar Rp1 juta sekian (persisnya saya lupa). Petugas yang menangani kredit saya berkata, "Bapak hanya menerima sedikit karena dipotong untuk dana asuransi sebesar Rp34 juta.

Pada pencairan kedua, seminggu kemudian, yaitu dengan potongan selama 5 tahun masa aktif (hingga usia 65 tahun), saya seharusnya menerima Rp39 juta. Namun, menurut petugas, saya hanya menerima Rp30 juta. Sebanyak Rp9 juta lagi diblokir/disimpan. Kemudian, saya menanyakan kapan saya bisa memperoleh kembali uang Rp9 juta itu? Petugas itu menjawab, "ketika bapak mulai pensiun."

Setelah sekian bulan berlalu, saya masih memikirkan hal itu. Saya merasa heran, mengapa uang Rp9 juta itu tidak dicairkan sekaligus berbarengan dengan pencairan Rp30 juta tersebut? Seingat saya (saya sudah beberapa kali mengajukan permintaan kredit di BRI Tondano), uang yang diblokir itu selalu hanya berlangsung 1 atau 2 bulan. Namun, kali ini mengapa sampai saya masuk pensiun baru mau dicairkan? Hal ini merugikan saya. Itu uang saya, mengapa harus diblokir selama 5 tahun? Apa artinya kredit kalau sebagian uang milik saya malah diblokir selama 5 tahun. Bukankah uang pinjaman saya sudah dipotong dengan dana asuransi sebesar Rp34 juta? Mohon perhatian pihak BRI Tondano atas keluhan saya ini

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: forum@mediaindonesia.com

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More