1909: Ekspedisi Peary Capai Kutub Utara

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Jumat, 06 Apr 2018, 07:00 WIB On This Day
1909: Ekspedisi Peary Capai Kutub Utara

wikipedia

EKSPEDISI Peary merupakan perjalanan yang dilakukan Robert Peary dan Matius Henson untuk mencapai titik 90 derajat lintang utara di Kutub Utara. Robert Peary, insinyur sipil Angkatan Laut AS bersama Matius Henson, dan empat orang lain Eskimo memulai perjalanan pada 1886.

Pada penjelajahan pertama, mereka sampai di pedalaman Greenland. Selanjutnya pada 1891 mereka melanjutkan perjalanan hingga timur laut Greenland. Pada 1893, para penjelajah mulai berjalan menuju Kutub Utara. Pada 1906 mereka hampir mencapai 88 derajat lintang utara, hanya 150 kilometer dari tujuan mereka. Pada 1908 hingga 1909, Peary dan Henson melakukan perjalanan ke Pulau Ellesmere dengan kapal penarik anjing berlari dengan melintasi ratusan mil es untuk mencapai titik 90 derajat lintang utara, yang akhirnya dicapai tepat pada 6 April. Meskipun prestasi mereka diterima secara luas, mantan rekan Peary, Dr Frederick A Cook, menentang anggapan tentang orang pertama yang mencapai Kutub Utara.

Cook mengaku telah mencapai tiang pada tahun sebelumnya. Kontroversi utama ini diajukan pada Kongres AS pada 1911 yang dimenangi Peary. Dalam penelitian beberapa tahun terakhir, dari klaim yang bertentangan itu diketahui ternyata kedua pihak yang mengklaim itu tidak pernah tepat mencapai Kutub Utara, tetapi penjelajahan Peary dan Henson diakui berjarak lebih dekat, yaitu sekitar 30 mil lagi ke titik 90 derajat.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More