Hidung Neanderthal Baik untuk Pernapasan

Penulis: AFP/Arv/X-10 Pada: Kamis, 05 Apr 2018, 07:40 WIB Humaniora
Hidung Neanderthal Baik untuk Pernapasan

DUTA

STUDI terbaru mengatakan bentuk hidung manusia purba neanderthal sangat baik untuk pernapasan. Neanderthal memiliki hidung besar yang menonjol untuk menghangatkan dan melembapkan udara yang dingin dan kering.

Dengan menggunakan model tiga dimensi dari tengkorak neanderthal, tim peneliti internasional menemukan adaptasi pernapasan yang berbeda.

"Dinamika fluida terkomputerisasi mengungkapkan bentuk neanderthal dan wajah manusia memberikan kondisi udara lebih efisien. Keduanya berevolusi untuk lebih menahan iklim dingin dan/atau kering," kata para peneliti dalam Jurnal Proceedings of the Royal Society B.

Neanderthal juga bisa memindahkan lebih banyak udara melalui rongga hidung mereka daripada bentuk hidung dari Homo heidelbergensis atau manusia modern. Ini mungkin sebagai respons terhadap kebutuhan energi yang lebih tinggi untuk tubuh kekar dan gaya hidup berburu neanderthal.(AFP/Arv/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More