Hidung Neanderthal Baik untuk Pernapasan

Penulis: AFP/Arv/X-10 Pada: Kamis, 05 Apr 2018, 07:40 WIB Humaniora
Hidung Neanderthal Baik untuk Pernapasan

DUTA

STUDI terbaru mengatakan bentuk hidung manusia purba neanderthal sangat baik untuk pernapasan. Neanderthal memiliki hidung besar yang menonjol untuk menghangatkan dan melembapkan udara yang dingin dan kering.

Dengan menggunakan model tiga dimensi dari tengkorak neanderthal, tim peneliti internasional menemukan adaptasi pernapasan yang berbeda.

"Dinamika fluida terkomputerisasi mengungkapkan bentuk neanderthal dan wajah manusia memberikan kondisi udara lebih efisien. Keduanya berevolusi untuk lebih menahan iklim dingin dan/atau kering," kata para peneliti dalam Jurnal Proceedings of the Royal Society B.

Neanderthal juga bisa memindahkan lebih banyak udara melalui rongga hidung mereka daripada bentuk hidung dari Homo heidelbergensis atau manusia modern. Ini mungkin sebagai respons terhadap kebutuhan energi yang lebih tinggi untuk tubuh kekar dan gaya hidup berburu neanderthal.(AFP/Arv/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More