Kafin, Bermain Piano dan Rumus

Penulis: Suryani Wandari Pada: Minggu, 01 Apr 2018, 03:00 WIB Weekend
Kafin, Bermain Piano dan Rumus

Jemari itu meliuk-liuk di atas bilah keyboard piano, mendendangkan nada-nada jazz kesukaannya. Setelah beberapa detik intro atau bagian awal lagu berupa instrumen dimainkan, lirik mulai dinyanyikan.

“Saya ingin belajar bersama, tentang sebuah ilmu, dari ilmu kimia, struktur atom terdiri dari proton dan neutron. Itulah inti dari atom,” kalimat berupa nyanyian itu dilantunkan Kafin Sulthan.

Lagu yang Kafin ciptakan secara spontan itu liriknya memang tak biasa, sederhana dan mudah diingat. Ada aneka pembelajaran sains yang dinyanyikannya saat tampil dalam acara jumpa media di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rabu (14/3) itu.

Kafin mengaku terbiasa mengombinasikan materi pembelajaran yang tengah dalami dengan musik agar lebih cepat ingat dan paham. Metode itu ia praktikkan karena kecintaannya pada musik dan sains. Ia mengaku gemar sains karena membuka pandangan dan pemikirannya dalam melihat berbagai hal. Kamu juga begitu sobat?

Mengidolakan dua saintis
Kafin yang meraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2016 kategori best children male solo artist itu mengaku justru mengidolakan dua ilmuwan keren.

Pertama, Nikola Tesla, penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan sekaligus teknisi listrik asal Serbia yang tinggal di Amerika Serikat. Ia terkenal berkat kontribusinya mendesain sistem kelistrikan arus bolak-balik.

Kedua, Ernest Schrodinger, fisikawan asal Australia, pemenang Nobel Fisika 1933. Ia mengembangkan teori kuantum, yang membentuk dasar dari gelombang mekanik.

13 tahun di kelas 3 SMA
Di usia ke-13-nya, Kafin kini duduk di bangku kelas 3 SMA dan sedang mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi jurusan arsitek. Menurut ibundanya, kepandaian Kafin sudah terlihat sejak berusia enam bulan. Ia sudah tertarik dengan tabel, angka, dan huruf. Kafin pun masuk SD di usia 3 tahun. “Lalu, SMP saya hanya dua tahun karena lewat jalur percepatan. Saya memang ingin cepat ketemu rumus kimia di SMA karena suka banget kimia,” ujar Kafin.

Jazz dan film
Pernah berkolaborasi dengan musisi legendaris David Foster pada Java Jazz Festival di usia 11 tahun, Kafin mengaku ingin menggabungkan musik jazz-nya dengan sains yang juga ia cintai.

“Metode menghapal setiap orang berbeda-beda. Secara visual saya pakai gambar dan untuk menghafal. Saya pakai musik yang saya buat sendiri,” kata Kafin yang juga telah bergabung dalam grup musik Di Atas Rata-Rata, sekaligus bermain dalam film Keluarga Cemara.

“Saya bercita-cita jadi pencipta musik, tapi bidang-bidang lain juga bisa diintegrasikan ke musik,” kata Kafin.

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More