Sekolah Kejuruan dari Sisi Gender

Penulis: Xinhua/Ire/X-3 Pada: Sabtu, 31 Mar 2018, 08:00 WIB Humaniora
Sekolah Kejuruan dari Sisi Gender

MINAT remaja menuntut ilmu di sekolah kejuruan mengalami perbedaan drastis berdasarkan gender. Demikian studi yang dipublikasikan Selasa (27/3) di situs Universitas Illinois, Chicago, Amerika Serikat.

Penelitian terhadap 20 ribu orang berusia 11-42 tahun menunjukkan, selama di sekolah menengah, minat remaja perempuan ke sekolah kejuruan menurun tajam ketimbang remaja laki-laki. Sebaliknya minat remaja perempuan menggeluti bidang sosial sedikit meningkat selama menempuh sekolah menengah daripada remaja laki-laki.

Remaja perempuan dapat mengubah haluan ke sekolah kejuruan saat usianya menginjak 14 tahun, sedangkan remaja laki-laki yang sudah memilih sekolah kejuruan sejak awal terus konsisten hingga dewasa. Studi ini telah diterbitkan di jurnal Psychological Bulletin American Psychological Association.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More