Gajah Erin Berangsur Membaik

Penulis: Ant/H-5 Pada: Senin, 26 Mar 2018, 04:45 WIB Lingkungan
Gajah Erin Berangsur Membaik

ANTARA FOTO/Ardiansyah

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar secara khusus menanggapi dan menjelaskan kondisi gajah sumatra Erin yang belalainya terpotong, kemarin. Kondisi Erin, gajah sumatra (Elephas maximus sumatrensis) betina berusia 4 tahun, semakin membaik. Menteri Siti menulis, saat itu Erin langsung dirawat di Rumah Sakit Gajah Way Kambas.

"Sekarang kondisinya semakin membaik dengan bobot tubuh mencapai 470 kg, atau hampir dua kali lipat dari saat ditemukan. Setiap hari dirawat khusus oleh tim doker dan medis RS Gajah," katanya lagi. Erin semakin sehat. Gajah itu aktif, bernafsu makan tinggi, beraktivitas normal, dan tidak menunjukkan gejala stres, kata dia pula.

Khusus terhadap foto luka gajah Erin pada bagian telinga yang diberitakan sebagai jamur, berdasarkan hasil observasi tim, itu dipastikan merupakan tampilan akibat pengobatan dengan salep untuk mengatasi bekas gigitan lebah. Menurut Siti, perawatan terhadap gajah Erin itu sesuai dengan prosedur kesehatan dan masih terus dilakukan.

Pada Jumat (23/3) lalu juga telah dilaksanakan evaluasi kesehatan oleh tim dokter yang terdiri dari perwakilan Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (Febriany Iskandar, Joko Nugroho), Dr drh Ligaya Tumbelaka (FKH IPB, PKBSI, PDHI), drh Diah Esti Anggraini (PLG Way Kambas), Koordinator PLG (Elisabeth Dwi), dan perwakilan BKSDA Bengkulu (Mukhlas).

Erin juga diberi pakan, suplemen, dan obat sesuai dengan kebutuhan tindak medik yang diperlukan. Vaksinasi rabies dan antitetanus juga telah diberikan. "Sekarang selalu ada yang mendampingi Erin. Ada pengasuh khusus, namanya Bapak Suko. Ke mana-mana selalu diangon atau digembala untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan, sampai nanti gajah Erin sehat kembali," kata Siti lagi.

"Saya mengecam keras kejahatan terhadap satwa dilindungi ini dan sudah minta Dirjen Penegakan Hukum jangan kendur untuk memburu pelaku-pelaku kejahatan satwa seperti ini. Jangan sampai ada Erin-Erin berikutnya."

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More