Masak Seru di Akhir Pekan

Penulis: THALATIE K YANI Pada: Minggu, 25 Mar 2018, 00:30 WIB Weekend
Masak Seru di Akhir Pekan

MI/Thalatie

MENGHABISKAN akhir pekan bersama orangtua tentunya menyenangkan. Apalagi, belajar memasak dan menghasilkan makanan yang lezat, akan semakin seru. Sabtu (17/3) pagi di Seventh Sky Lounge, Hotel Dafam Teraskita, Jakarta, Sobat Medi belajar membuat sushi  with cassava dan arancini with cheese. Dalam acara Cooking Class bersama Dafam’s Fun Kitchen, Sobat Medi dibimbing dua koki profesional lo. Chef Yayat Roechiyat, Executive Chef Hotel Dafam Teraskita Jakarta dan Chef Win, Executive Chef Kokita.

Teman-teman tahukah sushi itu apa? Makanan asal Jepang ini biasanya berbahan dasar nasi dengan isi berupa makanan laut, daging, atau sayuran. Nasi Jepang memiliki rasa yang khusus, sedikit asam. Itu biasanya dihasilkan dengan mencampurkan cuka beras, garam, dan gula.

Namun, untuk acara masak kali ini nasi diganti menjadi singkong. “Singkong lebih dekat dengan masyarakat kita. Selain itu harga beras Jepang agak mahal atau bisa diganti dengan ketan,” ujar chef Win. Sebelum digabungkan, singkong sudah diparut diberi garam dan daun bawang lalu dikukus setengah matang. Sebagai pengganti nori atau rumput laut, kita menggantinya dengan telur dadar.

Untuk membuat sushi dibutuhkan tikar bambu kecil. Bila tidak ada tikar bambu, sobat Medi bisa menggunakan aluminium foil. Jangan lupa pasang plastik wrap biar tidak lengket ya. Sebelum menyusun sushi kita, jangan lupa iris tipis-tipis sayurannya. Untuk sushi ini sobat Medi menggunakan paprika, wortel, kyuri atau timun jepang, sosis sapi, dan udang.

Belajar tentang tahapan kerja
Setelah semua bahan siap, baru kita siap menyusun. Langkah pertama yang kami lakukan menaruh telur dadar di atas tikar bambu. Disusul lembaran kembang tahu dan singkok yang sudah dikukus. Jangan lupa ratakan singkongnya ya. Susun isi sushi di satu sisi saja ya.
Nah setelah semua dirapikan, baru digulung. Jangan lupa ditekan agar sushi-nya tidak pecah ya. Teman-teman bisa membentuknya menjadi silinder (tawaragata), kotak persegi empat (hakogata), dan kapal (funegata).

Eits... jangan lupa menggunakan menggunakan sarung tangan ya biar bersih. Namun penggunaan sarung tangan bisa membuat lengket. Triknya bisa menggunakan air atau mayones.

Arancini
Setelah membuat sushi, sobat Medi belajar membuat arancini. Masakan asal Italia ini mudah lo membuatnya. Semua bahanbahan (lihat resep) untuk membuatnya cukup dicampurkan lo. Setelah dicampur dan dibulatkan jangan lupa dibalurkan dengan terigu, telur, dan tepung roti. Baru digoreng dalam minyak  panas.

Sebaiknya untuk menggoreng, sobat Medi minta tolong orangtua ya. Pasalnya, minyak panas bisa berbahaya bila meletup. Chef Yayat bilang kalau teman-teman bisa mengganti nasi dengan kentang sehingga bisa mirip dengan bitterballen. Selain itu, bisa saja setelah dibulatkan bisa disimpan dan digoreng esok harinya. “Makanan ini bisa untuk bekal temanteman lo sehingga bila kesiangan bisa makan arancini saja. Karena sudah ada nasi, keju, daging, dan sayurannya,” ujar chef Yayat.

Yah, hari sudah siang. Kita sudah membuat dua hidangan lo teman. Saatnya semua foto bersama dengan chef dengan hasil masakan. Setelah itu makan bersama dan mendapatkan sertifi kat. Wah jadi ingin belajar masak lagi. Mungkin lain kali kita belajar memasak hidangan lain. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More