Si Kulit Ikan nan Gurih

Penulis: (Eno/M-3) Pada: Sabtu, 24 Mar 2018, 23:20 WIB Weekend
Si Kulit Ikan nan Gurih

MI/Taufan

CAMILAN keripik kulit ikan atau fish skin belakangan marak sekali. Banyak merek keluaran luar negeri tengah populer di kalangan pecinta kuliner. Tapi tidak ada salahnya mencoba produk dalam negeri. Salah satunya Loco Moco, pusat oleh-oleh di Sunset Road Bali, yang  membuat sendiri keripik ini. Rasa keripik ini tidak berbeda jauh dengan buatan luar negeri.

Bahkan untuk membuat camilan ini, Loco Moco membeli alat dan merekrut Chef Andrew. “Ditantang untuk membuat fi sh skin yang punya pasar luar biasa. Saya pun akhirnya menerima tantangan itu dan mulai coba-coba,” kata alumnus Universitas Trisakti itu. “Setelah tiga bulan menguji coba berbagai resep rahasia salted egg fish skin, saya juga menambahkan cabai karena orang Indonesia umumnya suka rasa pedas, tapi hanya sedikit supaya bisa dinikmati kalangan yang lebih luas. Wisatawan misalnya,” tutur dia. Sebelumnya dia sempat membuat percobaan dengan menggunakan kulit ikan kakap.

Sayangnya menurut Andre, kulit ikan kakap jika dibuat keripik fish skin secara rasa kurang pas. Dia juga pernah mencoba ikan salmon, tetapi secara harga akan menjadi terlalu mahal karena di Indonesia populasinya sangat kurang dan harus diimpor. “Akhirnya pilihan kami jatuh pada ikan patin. Ikan patin akhir-akhir ini seiring dengan telur asin juga sedang booming.

Jadi, kami memadukan keduanya,” ungkapnya. Kulit ikan patin didatangkan langsung dari Bali dan Jawa Timur dalam kondisi segar sehingga langsung dikelola dalam beberapa jam sampai selesai pengemasan 40 gram dan 100 gram. “Awalnya kulit ikan itu kan dianggap
limbah dari ikan yang telah di-fi llet, tapi itu salah karena masih bisa diolah kembali.

Sayang kalau dibuang. Kreasi Loco Moco bisa membuat kulit ikan menjadi lebih bernilai,” ujar Andrew. Telur asin yang membalut kulit ikan terasa pas dan tidak amis. Rasa butter tidak terlalu dominan. “Tapi itu setelah percobaan berulang dan kami akhirnya sepakat dengan rasa dan temuan ini,” sambung Selena Alesandara, mantan model yang kini marketing Loco Moco.

Loco Moco juga berencana akan membuat web store jika penjualan offl ine berhasil. Dia menambahkan produk yang dihasilkan Loco Moco tanpa pengawet dan pewarna buatan. “Semua alami, menggunakan rempah lokal. Ketahanannya kalau sudah dibuka hanya tujuh hari, kalau masih utuh bisa beberapa bulan.” (Eno/M-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More