Rahasia Rambut Keriting Ditemukan pada Domba

Penulis: Desi Yasmini Siregar Pada: Sabtu, 24 Mar 2018, 10:55 WIB Eksplorasi
Rahasia Rambut Keriting Ditemukan pada Domba

MINDEN PICTURES

SALON rambut menjadi tempat yang dipenuhi berbagai produk untuk ‘menjinakkan’ rambut keriting atau membuat rambut menjadi keriting. Namun, tahukah Anda, apa yang membuat rambut menjadi keriting atau sekadar bergelombang dan ikal?  Selama ini belum ada jawaban yang memuaskan dan tidak banyak data pendukung. Untuk mencari penyebab rambut keriting, para ilmuwan memutuskan melihat struktur mikroskopis rambut.

Rambut manusia terlalu tebal untuk dijadikan sebagai sampel penelitian sehingga para peneliti mendatangi sebuah peternakan di Selandia Baru. Mereka menyisir wol dari enam domba Merino, hewan berambut ikal alami yang sangat halus, dan memandanginya di bawah mikroskop. Temuan utama mereka ialah, untuk helai rambut keriting, sel-sel di bagian luar ikal jauh lebih panjang daripada sel-sel di bagian dalam ikal, tim melaporkan hari ini di Journal of Experimental Biology. Pada rambut yang lebih lurus, bagian luar dan sel dalam lebih panjang.

Kesimpulan itu belum diujikan ke rambut manusia. Namun, para peneliti meyakini panjang relatif sel rambut luar dan dalam kemungkinan menentukan rambut jatuh pada spektrum lurus atau keriting pada manusia juga. Penemuan itu berpotensi membuka jalan bagi pengembangan produk rambut baru. (Sciencemag/dys/L-3)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More